Unhas Terlibat Dalam Penelitian Kolaboratif Internasional MIRA

13 Dec 2019 , adminuniversitas Akademik

Universitas Hasanuddin ambil bagian dalam program penelitian kolaboratif MIT-Indonesia Research Alliance (MIRA). Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan salah satu universitas terbaik di dunia yang berada di Boston, Amerika Serikat.

Peneliti-peneliti dari Universitas Hasanuddin mengambil bagian dari program ini, mengikuti kegiatan mempertemukan ide penelitian yang disebut Matchmaking Batch 1 di Boston, Massachussets, 4 s.d. 10 Desember 2020.

Peneliti Indonesia, Dr.Eng. Ir. Adi Maulana, ST., MT, menjelaskan bahwa dalam program ini, peneliti dari Indonesia bermitra dengan professor dari MIT dalam pengembangan beberapa penelitian strategis pada bidang energi, bioteknologi, ekonomi, kesehatan, dan transportasi.

Kegiatan kolaboratif ini bersumber dari dana Seed Fund MIT-Indonesia sebesar 100.000 USD untuk grup riset yang terdiri dari satu orang peneliti MIT yang bermitra dengan satu orang atau lebih peneliti Indonesia. Dana hibah ini dipergunakan untuk perjalanan kerjasama, initial expandable, visiting student /research dan penyusunan awal proposal.

Adi Maulana yang juga merupakan Ketua Puslitbang Kebencanaan Unhas menjadi salah satu delegasi Unhas yang terlibat dalam penelitian kolaboratif. Beliau menjelaskan program ini menjadi bagian dari masyarakat ilmiah dunia yang berkontribusi dalam usaha menuju kesejahteraan dan kehidupan lebih baik, dengan tetap memperhatikan lingkungan dalam konsep pembangunan berkelanjutan.

"Diharapkan proses ini akan lahir kerjasama riset yang berujung pada inovasi, hilirisasi dan produk-produk ilmiah lainnya yang berguna bagi umat manusia, setidaknya untuk Indonesia," jelas Adi.

Selain Unhas, ada 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang mendapatkan kesempatan mengikuti program MIRA World Class University untuk belajar, berdiskusi, melihat dan merasakan atmosfer akademik di kampus dengan puluhan kantor riset perusahaan besar di dunia.

"Pada suasana awal musim dingin Desember 2019 dengan suhu -6 - 1 derajat C, kami mengikuti kegiatan workshop, dihadiri oleh beberapa professor dari MIT dan seluruh utusan dari PTN-BH di Indonesia. Workshop dilakukan untuk saling berbagi dan berdiskusi tentang tema-tema penelitian yang bisa menjadi topik penelitian bersama antara Universitas di Indonesia dan para professor dari MIT," kata Adi menggambarkan suasana matchmaking batch I yang dihadirinya.(*/mir/ir)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR
 
 

Baca juga :