Unhas Tanda Tangani MoU Serentak Dengan 15 Mitra

21 Mar 2018 , admin00 Kerjasama

Rektor Unhas menandatangani MOU dengan Mitra-mitra Terkait.

Universitas Hasanuddin menggelar penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) bersama 15 mitra dari berbagai lembaga, di ruang Lounge Rektor Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Rabu (21/03/2018), pukul 14.00 WITA.

Kelima belas mitra tersebut terdiri atas lembaga pendidikan, pemerintahan, kemasyarakatan, dan swasta. Dari lembaga pendidikan hadir sejumlah pimpinan dan perwakilan mitra dari Universitas Balikpapan, Politeknik Kesehatan Makassar, Universita Islam Negeri (UIN) Makassar, Universitas Pertahanan, STIBA Makassar, UIN Manado, UNAS Jakarta, UIN Gorontalo, Akademi Teknik Penerbangan dan Keselamatan Makassar. 

Sementara beberapa mitra dari pemerintah daerah hadir kepala daerah dan jajaran pimpinan Kabupaten Asmat, pemerintah Kota Jayapura, dan Kabupaten Gorontalo. Dari lembaga swasta dan  kemasyarakatan  sendiri hadir direktur dan jajaran Bank Syariah Mandiri dan Yayasan Lontara Mandiri.

Dalam acara penandatanganan MoU ini, Wakil Bupati Kabupaten Asmat, Thomas Eppe Safanpo, diminta untuk membawakan kata sambutan sebagai perwakilan para mitra kerja sama Unhas.  Dalam pidato sambutannya, Safanpo mengucapkan terima kasih dan memuji Unhas atas kesediaannya menjadi rekan kerja sama Kabupaten Asmat dalam hal pendidikan Diploma Tiga (D3) Kekhususan Kesehatan Terpadu untuk anak-anak Asmat.

“Tawaran kerja sama Unhas sungguh luar biasa, yang akan mendidik anak-anak Asmat menjadi tenaga medis. Dengan kerja sama ini nantinya, mereka akan bisa mengisi kekosongan tenaga kesehatan yang terjadi di Kabupaten Asmat, “ kata Wakil Bupati Asmat.

Menurut rencana, kerja sama Unhas dan Kabupaten Asmat akan mulai direalisasikan pada tahun 2018 ini, dengan menyekolahkan 38 siswa siswi terbaik Asmat di Unhas. Melalui kerja sama itersebut, Unhas akan menerima calon mahasiswa dari kabupaten Asmat tanpa melalui seleksi ketat seperti SBMPTN atau SNMPTN.   

Kabupaten Asmat ini hanyalah salah satu contoh bentuk kerja sama Unhas dengan para mitra untuk berkontribusi kepada masyarakat dan bangsa. Ketika memberikan kata sambutan, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. menegaskan, momentum penandatanganan kerja sama ini bukanlah sekedar berkumpul dan menandatangani MoU, tetapi lebih dari itu bagaimana kerja sama yang dilakukan Unhas bersama para mitra yang hadir dapat memberikan manfaat yang besar pada masyarakat dan negara ini.  “Tanggunga jawab terhadap persoalan bangsa bukan hanya dari pemerintah, tetapi dari berbagai lembaga, perguruan tinggi, dan lembaga-lembaga lain untuk saling bersinergis,” kata Profesor Dwia. 

Rektor Unhas mengatakan, penandatanganan MoU secara bersamaan ini dilakukan untuk mempersatukan mitra-mitra Unhas untuk saling bersilaturahmi dan memperluas jejaring sesama mitra. Sehingga di antara para mitra sendiri yang punya keterkaitan bisa saling mengenal dan bertukar pandangan tentang berbagai hal.

Selain agenda penandatanganan MoU dan tukar menukar cenderamata antara Unhas dan para mitra kerja sama, dalam kesempatan ini berlangsung pula pemutaran video profil Unhas yang menampilkan berbagai fasilitas, capaian, dan prestasi yang diukir oleh Unhas dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Acara ini berlangsung meriah, dan diakhiri dengan percakapan santai di antara para mitra, serta Rektor Unhas dengan mitra-mitra yang hadir dalam kegiatan tersebut. (Liputan Hidayat Doe, Humas Unhas)

Baca juga :