Unhas Persiapkan Wisuda Periode II Tahap 2 Tahun Akademik 2020/2021

7 Dec 2020 , admin-02 Akademik

Rapat Persiapan Wisuda Periode II Tahap 2 dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP) dengan penerapar protokol Covid-19 secara ketat, Senin (07/12).

Bagian Akademik Universitas Hasanuddin menggelar rapat untuk mempersiapkan pelaksanaan Wisuda Periode II Tahap 2. Rapat dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP, berlangsung pada Senin (7/12) di Ruang Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
 
Turut hadir pada rapat ini Kepala Biro Akademik, Direktur Komunikasi, Direktur Pendidikan, para Kepala Bagian di Bidang Akademik, dan panitia wisuda.
 
Dalam pengantarnya, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP menjelaskan bahwa jumlah mahasiswa yang telah mendaftar untuk mengikuti wisuda sebanyak 1.387 orang.  Dengan jumlah ini, maka pelaksanaan wisuda tetap akan berlangsung dengan metode luring terbatas digabungkan dengan daring bagi wisudawan yang tidak sempat hadir.
 
“Selain menggunakan metode luring terbatas dan daring, kita juga akan melaksanakan wisuda selama dua hari, yaitu tanggal 15 dan 16 Desember 2020.  Hari pertama akan berlangsung dua sesi, yaitu pagi dan siang. Sementara hari kedua akan berlangsung pada sesi pagi saja,” kata Prof. Restu.
 
Direktur Komunikasi, Suharman Hamzah, Ph.D, menjelaskan bahwa pelaksanaan wisuda selama masa pandemi ini terus mengalami penyesuaian. Hal ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan bersama, namun juga tetap dapat meninggalkan kesan mendalam.
 
“Berkaitan kehadiran orang tua, Tim Satgas Covid-19 Unhas merekomendasikan agar orang tua dan keluarga wisudawan tidak hadir demi menghindari kerumunan.  Untuk itu, kita akan memfasilitasi agar orang tua dan keluarga wisudawan dapat mengikuti secara daring,” kata Suharman.
 
Unhas menyadari pentingnya prosesi wisuda sebagai momen berharga bagi wisudawan, orang tua, dan keluarganya. Namun demikian, masukan Tim Satgas Covid-19 Unhas terkait situasi pandemi juga penting untuk dijadikan perhatian.
 
“Intinya, kita berupaya menyeimbangkan kebutuhan terhadap kesan momentum wisuda ini dengan pertimbangan keselamatan dan kesehatan bersama,” kata Suharman.
 
Jumlah wisudawan per fakultas yang telah mendaftar untuk Wisuda Periode II Tahap 2 tahun 2020 berjumlah 1.387 orang, dengan pembagian sebagai berikut:
 
1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: 76 orang
2. Fakultas Hukum: 84 orang
3. Fakultas Kedokteran: 159 orang
4. Fakultas Teknik: 499 orang
5. Fakultas ISIPOL: 68 orang
6. Fakultas Ilmu Budaya: 42 orang
7. Fakultas Pertanian: 30 orang
8. Fakultas MIPA: 65 orang
9. Fakultas Peternakan: 33 orang
10. Fakultas Kedokteran Gigi: 54 orang
11. Fakultas Kesehatan Masyarakat: 103 orang
12. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan: 62 orang
13. Fakultas Kehutanan: 29 orang
14. Fakultas Farmasi: 13 orang
15. Fakultas Keperawatan: 36 orang
16. Sekolah Pascasarjana: 34 orang.
 
Rapat selanjutnya membahas berbagai masukan dan usulan panitia. Juga panitia mengatur teknis pelaksanaan agar pelaksanaan wisuda berlangsung tanpa menyebabkan kerumunan.(*/ir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :