Unhas Lepas 937 Mahasiswa KKN Tematik Duta Perubahan Covid-19 dan Pengawasan Pilkada 2020

23 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Peserta KKN Tematik Unhas secara resmi dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas (Prof. Dr. Ir. Muh.Restu, MP), Senin (23/11).

Universitas Hasanuddin melalui Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) melepas 937 mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 105 Tematik “Duta Perubahan Perilaku Pencegahan Covid-19 dan Pengawasan Partisipasi Pilkada Tahun 2020”. Kegiatan pelepasan tersebut berlangsung pukul 08.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (23/11).
 
Dalam laporannya, Kepala P2KKN Unhas Muhammad Kurnia, S.Pi., M.Sc., Ph.D., menjelaskan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan peran serta dalam perubahan perilaku di era pandemi serta mendukung partisipasi aktif pemilih dalam pesta demokrasi yang jujur dan berkeadilan.
 
Lebih lanjut, Kurnia menuturkan hal ini juga sejalan dengan amanah yang diberikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) dalam rangka melaksanakan proses komunikasi dan informasi kepada masyarakat.
 
"Ini juga sesuai semangat Unhas sebagai comuniversity dan humaniversity yang terus memaksimalkan keterlibatan kepada masyarakat guna mendukung upaya pemerintah di era new normal sekaligus mendorong Pilkada yang bersih dan aktif. Namun tetap menerapkan protokol Covid-19," jelas Kurnia.
 
Peserta KKN Tematik Unhas secara resmi dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof. Dr. Ir. Muh.Restu, MP. Dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan KKN tersebut sebagai bagian dalam penanganan Covid-19. 
 
Menurutnya, kegiatan pengabdian ini sangat penting dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19 dan upaya partisipasi aktif masyarakat dalam pilkada dengan tetap menerapkan protokol Covid-19.
 
"Unhas selalu berpartisipasi dengan upaya nyata dalam aksi kemanusiaan khususnya penanganan Covid-19 yang sejalan pada konsep Humaniversity. Dengan konsep ini, pelaksanaan KKN akan menjadi strategis karena berfokus pada permasalahan masyarakat dalam era new normal. Apalagi dengan penyelenggaraan pilkada, maka tentunya ini akan sangat penting dilakukan," jelas Prof Restu.
 
Diakhir sambutannya, Prof Restu berharap keterlibatan Unhas melalui program KKN berdampak positif terhadap upaya pencegahan dan perilaku penanganan Covid-19 untuk mendukung pesta demokrasi berjalan lancar.
 
Dalam penyelenggaraannya, KKN Tematik dilakukan secara mandiri dengan berpusat pada masing-masing lokasi domisili peserta. Dengan demikian, kegiatan dilakukan secara nasional dengan melibatkan 11 provinsi. Untuk Sulsel, tercatat ada 24 kabupaten yang terlibat. Mahasiwa yang mengikuti KKN didamping oleh 60 dosen pendamping yang memberikan panduan dan arahan agar tujuan terselenggaranya KKN sesuai perencanaan.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :