Unhas Laksanakan CBT SBMPTN

17 Apr 2016 , humas01 Akademik

Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu selaku Koordinator Bidang Humas SNMPTN 2016 memberikan arahan pada FGD Sosialisasi SBMPTN di Hotel Centry Jakarta, Minggu (17/4) malam. (Forto:mda).

Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi salah satu dari 30 PTN di Indonesia yang akan melaksanakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan tes melalui komputer -- Computer Base Test (CBT). Tes ini untuk sementara disiapkan bagi 60 peserta.

 Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu dan WR I Junaidi Muhidong bersama Kepala Humas dan Protokol Unhas M.Dahlan Abubakar mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Sosialisasi SBMPTN di Hotel Century Jakarta 17-18 April 2016 yang dihadiri Ketua Panitia Pusat SBMPTN 2016 Prof.Dr.Rahmat Wahab, M.Pd, M.A.

Dwia Aries Tina Pulubuhu selaku Ketua Seksi Humas SBMPTN mengharapkan agar informasi mengenai SBMPTN ini disampaikan secara tepat kepada masyarakat, karena focus perhatian masyarakat menghadapi pendaftaran mahasiswa baru. Tahun ini adanya dua model tes yang berbasis computer dan tes seperti biasa menggunakan kertas.

‘’Ini harus kita tahu dengan pasti,’’ kata Dwia yang didampingi Wakil Bidang Humas SNMPTN, Rektor Unand Padang, kemudian menambahkan, biaya pendaftaran tahun ini naik Rp 200.000, sementara pada tahun yang lalu Rp 100.000.

PTN yang melaksanakan CBT itu masing-masing untuk 40 peserta dilaksanakan Unand  dan Universitas Indonesia, 50 peserta: Unsrat Manado dan Universitas Halu Oleo (UHO); 60: Unhas, Unsyiah, Universitas Negeri Semarang (Unes), ITS, dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa); 80: Universitas Negeri Malang, Unri Riau, Unram, Unsri, Unpatti, dan USU, 100: Unpad, UPI, UGM. Universitas Jember,Unud; 120: ITB, 160:Unair, dan Universitas Brawijaya, 200: Universitas Negeri Yogyakarta.

Pada SBMPTN tahun ini Panitia Pusat bekerja sama dengan Bank BNI dan Bank Mandiri serta PT Telkom Indonesia. Kedua bank milik badan usaha milik negara itu memiliki masing-masing 15.550 anjungan tunai mandiri (ATM) untuk Bank BNI dan Bank Mandiri 15.544 ATM di seluruh Indonesia.

Ujian tulis SBMPTN dilaksanakan 31 Mei 2016 bertepatan dengan registrasi peserta yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pengumuman peserta yang lulus SBMPTN dilaksanakan 26 Juni 2016.

 

 

Baca juga :