Unhas Gelar Webinar Strategi Sukses Bisnis Kuliner

26 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar salah satu materi dari narasumber yang hadir dalam kegiatan webinar DAPK Unhas

Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir (DAPK) bidang kemahasiswaan kerjasama dengan GoJek menyelenggarakan webinar "Pelatihan Kewirausahaan" dengan tema " Strategi Sukses Bisnis Kuliner: Bangun Usahamu Dari Awal dan Tingkatkan Penjualanmu!". Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di Kanal Youtube Kemahasiswaan Unhas, Senin (26/10).
 
Hadir sebagai narasumber Fikri Syaman, SH., (CEO PT. Genrich Investama Kapital), Hasdar Haedar, SE (Founder Lazuna-Top Merchant GoFood) dan Dr. Indrabayu M.Bus.,Sys (Top Coach Indonesia).
 
Pada kesempatan tersebut, Fikri Syaman, SH., menyampaikan materi tentang "Strategy Start Business to Cuan". Dalam materinya, secara umum menggambarkan beberapa langkah strategis yang perlu dipersiapkan sebelum memulai usaha kuliner.
 
Fikri menyebutkan, untuk memulai suatu usaha diperlukan beberapa persiapan, diantaranya mengetahui kompetitor yang memiliki peluang usaha yang sama, serta kelebihan dan kekurangan dari usaha yang hendak dikerjakan. Olehnya itu, diperlukan strategi marketing dan model bisnis yang jelas.
 
Hasdar Haedar, SE (Founder Lazuna-Top Merchant GoFood) yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan tentang "Strategi Penjualan di GoFood". Beliau menceritakan awal Lazuna terbentuk dan langkah strategis dalam melihat peluang yang ditawarkan oleh GoFood.
 
"Dalam membuat usaha terlebih dahulu mengetahui tren kebutuhan masyarakat dan segmentasi pasar. Sehingga, usaha yang akan dilakukan lebih terarah dan jelas," jelas Haedar.
 
Sesi pemaparan materi ditutup oleh Dr. Indrabayu M.Bus.,Sys yang menjelaskan mengenai "Wirausaha Kuliner (Coaching Perspective)" yang memberikan gambaran mengenai kegiatan wirausaha guna mendorong semangat para peserta dalam meningkatkan potensi diri.
 
Setelah para narasumber menyampaikan materinya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari para peserta yang mengikuti kegiatan.
 
Kegiatan ditutup oleh Dr. Ir. Andi Amidah Amrawaty selaku Kasubdit Alumni dan Penyiapan Karir. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih atas kesedian para narasumber untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang tentunya diharapkan dapat membantu para mahasiswa Unhas secara khusus dan masyarakat yang tertarik berwirausaha.
 
"Kita akan selalu mengupayakan kegiatan seperti ini untuk mewadahai para mahasiswa Unhas dalam berkarya dan berinovasi. Berbagi ilmu dan pengalaman untuk kegiatan seperti ini kita harapkan akan mendorong semangat mahasiswa dalam berkarya," jelas Amidah.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :