Unhas Gelar Webinar Pengelolaan Jurnal Menuju Reputasi ESCI

16 Sep 2020 , admin-02 Akademik

Kepala Sub Bagian Fasilitas Jurnal Ilmiah Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristek/BRIN (Dr. Lukman) sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan webinar FKG Unhas, Rabu (16/09).

Universitas Hasanuddin melalui Klinik Pengelolaan Jurnal Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) menyelenggarakan webinar seri dua bertajuk "Klinik Pengelolaan Jurnal Menuju Bereputasi Emerging Sources Citation Indeks (ESCI)". 
 
Kegiatan berlangsung pukul 08.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube FKG Unhas, Rabu (16/09).
 
Hadir sebagai nara sumber Kepala Sub Bagian Fasilitas Jurnal Ilmiah Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristek/BRIN (Dr. Lukman), Kepala Pusat Publication Management Center (PMC) Unhas (Muhammad Arsyad, Ph.D),  dan Dosen Fakultas Kehutanan Unhas, Editor in Chief Forest dan Society (Dr. Forest. M. Alif K. Sahide, S. Hut., M. Si). 
 
Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas, Prof. dr. Nasrum Massi, Sp.MK., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi tinggi terhadap inisiatif FKG Unhas untuk menghadirkan forum menambah skill dan pengetahuan utamanya bagi pengelola jurnal. 
 
Beliau menuturkan saat ini Unhas tengah mempersiapkan empat perengkingan, salah satunya QS Ranking dan Webometrics. Sehingga, melalui kegiatan ini tentunya memberikan peluang untuk peningkatan kualitas pengelolaan jurnal di Unhas. 
 
"Tentu keterlibatan semua pihak dalam upaya peningkatan kualitas Unhas sangat dibutuhkan. Kegiatan ini sangat penting, tidak hanya untuk meningkatkan jurnal masuk rengking sitasi tinggi. Tapi juga mendorong semangat serta memberikan motivasi kepada para peneliti untuk mengembangkan kemampuan menulis dan mengelola jurnal," jelas Prof Nasrum. 
 
Pada kesempatan yang sama, Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) menyampaikan secara singkat terkait Jurnal Fakultas Kedokteran Gigi Unhas Menuju Indeksasi Scopus. 
 
Ruslin menuturkan pengembangan jurnal di FKG mengikuti prosedur standar yang sudah ditetapkan dan sampai saat ini terus melakukan upaya peningkatan sitasi jurnal yang dikelola seperti Journal of Dentomaxillofacial Science. 
 
"Awalnya jurnal kami berbahasa Indonesia. Namun, melihat perkembangan akhirnya kami mengubahnya kedalam bahasa Inggris sehingga cakupan pembacanya lebih luas. Selain itu, peningkatan kualitas tulisan juga menjadi fokus utama untuk menghasilkan jurnal yang baik," jelas drg. Ruslin. 
 
Usai pembukaan secara resmi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber. 
 
Dr. Lukman sebagai salah satu nara sumber menyampaikan materi terkait "Internasionalisasi Jurnal: Strategi Penyiapan Jurnal Untuk Indeksisasi Scopus". Secara umum, beliau menjelaskan terkait hal-hal yang harus ditingkatkan dalam mengelola jurnal. Sehingga, potensi sitasi lebih cepat dengan penerapan standar yang sudah ditetapkan. 
 
Kegiatan dipandu oleh drg. Acing Habibie Mude, Ph.D., (Dosen FKG Unhas) selaku moderator diikuti kurang lebih 70 peserta dan dijadwalkan berlangsung hingga pukul 14.00 Wita.(*/mir)
 
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :