Unhas Gelar Webinar Nasional Teknologi Kebencanaan Masa Pandemi

15 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan FT Unhas (Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, MT), Kamis (15/10),

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Teknik (FT) menyelenggarakan webinar nasional dengan tema "Peran Teknologi dalam Kebencanaan di Masa Pandemi". Kegiatan yang menjadi salah satu rangkaian dies natalis ke-60 FT Unhas berlangsung pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtobe Kemahasiswaan FT Unhas, Kamis (15/10).
 
Hadir sebagai narasumber Drs. Endro Yudo Waryono, M.Si (Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulsel) dan Prof Dr. Eng. Ir. Adi Maulana, S.T., M.Phil (Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebencanaan Unhas).
 
Narasumber lainnya adalah Dr. Eng. Abd. Rachman Rasyid, S.T., M.Si. (Dosen Departemen Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota FT Unhas) dan Dr. Eng. Zulkifli Tahir, S.T., M.Sc. (Dosen Departemen Teknik Informatika FT Unhas).
 
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan FT Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, MT. Dalam sambutannya beliau menjelaskan selain rangkaian dies natalis FT Unhas, webinar tersebut juga bertujuan sebagai media diskusi terkait peran teknologi dalam kebencanaan dimasa pandemi. 
 
"Meskipun dibatasi oleh pandemi, tapi kegiatan yang memberikan sumber informasi dan wawasan harus terus dioptimalkan. Saya sangat apresiasi kepada para panitia dan peserta yang telah bergabung, melalui kegiatan dengan tema yang sangat menarik dapat menambah wawasan kita bersama," jelas Prof Arsyad.
 
Usai pembukaan secara resmi, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber.
 
Drs. Endro Yudo Waryono, M.Si menyampaikan materi terkait "Organisasi, Tugas dan Tanggung Jawab BPBD Dalam Penanggulangan Bencana Gabungan".
 
Dalam materinya beliau menjelaskan bencana merupakan peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh berbagai faktor baik faktor alam maupun non alam yang menimbulkan korban jiwa serta kerusakan lingkungan.
 
“Untuk mengantisipasinya, dibutuhkan kegiatan manajemen bencana, diantaranya pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, peringatan dini, tanggap darurat, bantuan darurat, pemulihan, rehabilitasi, dan rekonstruksi,” kata Endro Yudo.
 
Setelah seluruh narasumber menyampaikan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari peserta yang mengikuti kegiatan.
 
Kegiatan yang dipandu oleh Sahabuddin Jumadil, S.T., M.Eng. (Dosen Departemen Teknik Geologi FT Unhas) selaku moderator diikuti kurang lebih 200 peserta berlangsung lancar hingga berakhirnya kegiatan pukul 12.00 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :