Unhas Gelar Webinar Internasional Bahas Keselamatan Kerja Dalam Situasi Pandemi

8 Jul 2020 , admin-02 Akademik

Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) membuka secara resmi Webinar Internasional Fakultas Kesehatan Masyarakat, Rabu (08/07).

Universitas Hasanuddin melalui Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) menyelenggarakan Webinar Internasional dengan tema "Best Practice K3 di Tempat Kerja Dalam Kondisi Pandemi Covid-19". Kegiatan yang menjadi rangkaian awal dies natalis Unhas ke-64 berlangsung pukul 08.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube FKM Unhas, Rabu (08/07).
 
Hadir sebagai narasumber drg. Kartini Rustandi, M. Kes. (Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes Republik Indonesia), Ts. Dr. Ismaniza Ismail (Malaysian Industrial Hygiene Association (MIHA) / Senior Lecturer, Fakulti Sains Gunaan, Universiti Teknologi MARA, Malaysia), dan dr. Furqaan Naiem, M.Sc., Ph.D (Dosen Departemen K3 FKM Unhas). 
 
Mengawali kegiatan, Ketua Panitia Dr. Lalu Muhammad Saleh, SKM., M.Kes., melaporkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial FKM Unhas.  Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi informasi dalam menghadapi era new normal melalui pendekatan K3.
 
"Sejak pendaftaran dibuka, kami menerima banyak sekali pendaftar, tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dengan kegiatan ini kita harapkan masyarakat benar-benar siap menghadapi era pasca pandemi dengan tetap menerapkan prinsip protokol kesehatan di tempat kerja," jelas Lalu. 
 
Pada kesempatan yang sama, Dekan FKM Unhas Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med.Ed., menuturkan hadirnya webinar bisa menambah wawasan masyarakat luas guna menghindari dan mengantisipasi penularan di tempat kerja dengan menerapkan prinsip K3 di tengah pandemi.
 
"Ini menjadi kewajiban teman-teman dari Departemen K3 untuk memberikan pemahaman tentang keselamatan para pekerja dalam melakukan aktivitas produktif ditengah pandemi. Ini sangat penting untuk dipahami bersama," jelas Dr. Aminuddin. 
 
Lebih lanjut, Dr. Aminuddin menambahkan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut mengingat saat ini FKM Unhas mendapatkan kepercayaan sebagai panitia penyelenggaraan dies natalis Unhas ke-64. 
 
Kegiatan webinar Internasional secara resmi dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan yang mengusung tema strategis dalam menghadapi era new normal khususnya bagi para tenaga kerja yang harus lebih mengedepankan K3 ditengah krisis pandemi. 
 
"Pandemi telah menghadirkan momentum untuk menata ulang semua perilaku dan pola kerja serta model interaksi. Ini menjadi penting untuk memberikan informasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait keselamatan kerja era new normal," jelas Prof Dwia. 
 
Tempat kerja menjadi salah satu area transmisi Covid-19, mengingat ada proses interaksi, kontak fisik maupun kerumunan dalam satu kawasan. Penerapan K3 menjadi sangat penting untuk diperhatikan dengan selalu mengedepankan prinsip protokol kesehatan di era new normal. 
 
Prof Dwia Saya berharap ini menjadi media berkolaborasi, baik secara personal maupun lembaga, sehingga menghasilkan pandangan yang bisa dijadikan acuan untuk menerapkan K3 yang sesuai dengan kondisi era normal seperti sekarang. 
 
"Saya menunggu hasil dari kegiatan ini agar kita bisa dibagikan ke semua pihak untuk diperhatikan dan diimplementasikan di tempat kerja masing-masing," tutup Prof Dwia.
 
Usai kegiatan ceremony, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber. 
 
drg. Kartini Rustandi, M. Kes., (Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI) sebagai salah satu nara sumber menyampaikan materi mengenai "Protokol Kesehatan Sebagai Dasar Adaptasi Kebiasaan Baru". Menurut beliau,  proses adaptasi perlu dilakukan oleh masyarakat  sebagai upaya penyesuaian diri pasca pandemi agar masyarakat kembali melakukan kegiatan produktif sehari hari. 
 
"Adaptasi ini memerlukan upaya salah satunya dengan menghadirkan norma baru yang membawa kita pada budaya yang didalamnya terdapat penerapan protokol kesehatan," jelas Kartini. 
 
Seluruh komponen dalam satu kawasan kerja berperan penting dalam upaya pencegahan dan penularan Covid-19. Dari sisi manajemen kepemilikan, upaya tersebut dapat dilakukan dengan menetapkan kebijakan yang sesuai dengan kondisi saat ini, memfasilitasi tempat kerja yang aman, melakukan pemantauan secara proaktif, memberikan sosialisasi dan edukasi bagi pekerja, dan upaya lain sebagai bentuk menekan laju penyebaran Covid-19 di tempat kerja. 
 
"Bukan hanya manajemen pemilik yang harus diperhatikan. Pekerja juga ikut berperan dengan menerapkan protokol kesehatan baik ketika dirumah, dalam perjalanan pergi maupun pulang dari beraktivitas, di lokasi kerja sampai kembali ke rumah. Semuanya mengambil peranan penting untuk itu," sambung Kartini. 
 
Setelah memaparkan materinya, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber lain yakni Ts. Dr. Ismaniza Ismail (Universitas Teknologi MARA, Malaysia) dengan judul materi "Best Practice Pengalaman di Malaysia Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja" dan dr. Furqaan Naiem, M.Sc., Ph.D (Dosen Senior Departemen K3 FKM Unhas) dengan judul materi "Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Covid-19". 
 
Kegiatan yang dipandu oleh Yahya Thamrin, SKM., M.Kes., MOHS, Ph.D (Dosen dan Ketua Departemen K3 FKM Unhas) diikuti oleh kurang lebih 900 peserta berlangsung lancar hingga berakhirnya acara pukul 12.00 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :