Unhas Gelar Sosialisasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Hibah Kemenristek BRIN

14 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Hadir sebagai narasumber Adhi Indra Hermanu, ST., MT., selaku Kepala Subdirektorat Riset Dasar, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Rabu (14/10).

Universitas Hasanuddin melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan sosialisasi penerimaan proposal Hibah Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional untuk tahun 2021. Kegiatan berlangsung pukul 13.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (14/10).
 
Hadir sebagai narasumber Adhi Indra Hermanu, ST., MT., selaku Kepala Subdirektorat Riset Dasar, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Dalam materinya beliau menjelaskan mengenai "Kebijakan Riset dan Pengembangan Teknologi". 
 
Fokus dalam Prioritas Riset Nasional (PRN) tahun 2020-2024 berfokus pada beberapa aspek, diantaranya penelitian yang diharapkan mampu menghasilkan teknologi tepat guna, produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, inovasi yang mampu mengurangi kegiatan impor dan beberapa aspek lainnya.
 
Selain membahas terkait fokus riset, Adhi juga menjelaskan terkait tema penelitian, produk inovasi, skema penelitian sampai pada pendanaan riset untuk tahun 2021.
 
"Dalam rangka peningkatan kapasitas dan standar penelitian PT serta melaksanakan ketentuan pasal 54 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi yang mewajibkan PT untuk menyediakan dana penelitian internal, maka PT wajib menyediakan dana pendampingan penelitian sebesar 10% dari dana penelitian yang diberikan oleh DRPM untuk semua skema dan dikonfirmasikan pada tahapan approval oleh LPPM," jelas Adhi.
 
Setelah menyampaikan materinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari para peserta yang terdiri atas dosen dan peneliti Unhas. Kegiatan yang menghadirkan kurang lebih 300 peserta berlangsung lancar hingga pukul 14.30 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :