Unhas Gelar Rapat Persiapan Penilaian Mandiri Zona Integritas PTN

19 Jun 2020 , admin-02 Akademik

Sekretaris Universitas (Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT) saat memimpin rapat persiapan penilaian mandiri zona integritas PTN, Jumat (19/06).

Dalam rangka mempersiapkan penilaian monitoring dan evaluasi (monev) internal Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Tim Reformasi Birokrasi Universitas Hasanuddin menggelar rapat koordinasi, Jum’at (19/6).  
 
Pertemuan yang berlangsung pada pukul 14.00 Wita ini berlangsung di Ruang Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, dengan menerapkan standar pencegahan penularan Covid-19 yang ketat.
 
WBK dan WBBM merupakan salah satu instrumen yang mencegah korupsi, melalui dorongan yang memberikan pelayanan publik yang bersih dan melayani.  Universitas Hasanuddin yang terpilih bersama 14 PTN lain, mempersiapkan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) sebagai unit kerja yang aka mewakili penilaian Zona Integritas.
 
Rapat persiapan ini dipimpin oleh Sekretaris Universitas, Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT., yang juga merupakan Ketua Tim Reformasi Birokrasi Unhas.  Dalam pengantarnya, Prof. Nasaruddin menegaskan proses monev internal merupakan tahapan yang sangat penting, sebab tahapan ini akan mempengaruhi kelanjutan dari seluruh proses.
 
“Kita akan menghadapi monev internal oleh Tim Reformasi Birokrasi Kementerian dan Inspektorat.  Karena ini amanah, maka kita perlu mempersiapkan sebaik mungkin. Koordinasikan segala hal yang masih kurang agar kita lengkapi bersama. Waktu yang tinggal beberapa hari ini kita maksimalkan dengan baik," jelas Prof Nasaruddin. 
 
Dalam kesempatan yang sama, Dekan FIB Unhas, Prof. Dr. Akin Duli, MA., menambahkan untuk FIB sendiri sudah melaksanakan beberapa kali rapat internal guna mempersiapkan dokumen kelengkapan yang dibutuhkan selama proses penilaian berlangsung. 
 
"Kita sudah siapkan beberapa dokumen yang mungkin akan diperlukan. Selain itu, saya juga sudah mencatat beberapa hal yang masih harus dilengkapi," jelas Prof Akin. 
 
Fakultas Ilmu Budaya merupakan unit kerja yang mewakili Unhas dalam penilaian Zona Integritas ini dengan beberapa pertimbangan khusus.  Selain aspek pelayanan publik, juga kinerja FIB menunjukkan capaian yang baik. Aspek lainnya, adalah kesiapan sumber daya manusia sesuai standar yang diharapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
 
Sesuai jadwal, rencananya penilaian internal zona integritas tersebut akan berlangsung pada Kamis (25/06) secara daring.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :