Unhas Gelar Rapat Koordinasi SDGs Persiapan Perengkingan Internasional

5 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar rapat koordinasi persiapan perengkingan internasional, Senin (05/10).

Universitas Hasanuddin melalui Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan menggelar rapat koordinasi untuk persiapan pemeringkatan internasional menurut standar The Times Higher Education (THE).  Rapat koordinasi yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting berlangsung pada Senin (5/10), pukul mulai 09.30 Wita.
 
Rapat ini membahas kesiapan pemenuhan data untuk aktivitas internasional Unhas yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).  Sebagaimana diketahui, salah indikator yang dicanangkan oleh THE dalam akreditasinya adalah melihat sejauh mana perguruan tinggi memenuhi tujuan-tujuan SDGs dalam aktivitas pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
 
Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Kemitraan Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum  Massi, Sp.MK, Ph.D menjelaskan bahwa Unhas memiliki banyak sekali kegiatan yang terkait dengan pemenuhan tujuan-tujuan SDGs.  Akan tetapi, seringkali kegiatan tersebut belum dilengkapi dengan bukti pendukung yang disyaratkan.
 
“Rapat kita hari ini bertujuan membahas bagaimana bukti pendukung tersebut dapat kita sajikan, khususnya untuk memenuhi tujuan ke-17 dari SDGs, yaitu partnership for the Goals,” papar Prof. Nasrum.
 
Pada kesempatan yang sama, Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, yang juga merupakan pengarah SDGs Center Unhas, menekankan pentingnya untuk mempersiapkan bukti pendukung tersebut baik untuk keperluan saat ini maupun untuk keperluan jangka panjang.
 
“Saya berharap kita melakukan identifikasi terhadap pendukung-pendukung yang diperlukan, baik untuk keperluan saat ini maupun untuk keperluan jangka panjang.  Aktivitas internasional kita sangat banyak, dan tanpa kita sadari sebenarnya kita telah ikut berkontribusi dalam upaya pencapaian tujuan SDGs tersebut,” kata Prof. Jompa.
 
Rapat dihadiri oleh Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Unhas (Karmila Mokoginta, SS, M.A.), Kasubdit Inovasi Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan Unhas (Asmi Citra Molina, Ph.D), Kasubdit Humas dan Informasi Publik (Ishaq Rahman, S.IP, M.Si, AMIPR), pengurus SDGs Center Unhas (Citra Irawan, Ph.D), dan beberapa wakil fakultas.
 
Tim Unhas untuk penyusunan indikator akreditasi THE selanjutnya akan mengidentifikasi data kegiatan aktivitas yang telah dilaksanakan selama tahun 2019.  Selanjutnya, data tersebut akan dikelompokkan berdasarkan tujuan SDGs.
 
Sebagaimana diketahui, SDGs merupakan pendekatan baru yang dikembangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia.  SDGs memiliki 17 komponen tujuan, yaitu: (1) No poverty; (2) Zero Hunger, (3) Good Health and Well-being, (4) Quality Education, (5) Gender Equality, (6) Clean Water and Sanitation, (7) Affordable and Clean Energy, (8) Decent Work and Economic Growth, (9) Industry, Innovation and Infrastructure, (10) Reducing Inequality, (11) Sustainable Cities and Communities, (12) Responsible Consumption and Production, (13) Climate Action, (14) Life Below Water, (15) Life On Land, (16) Peace, Justice, and Strong Institutions, (17) Partnerships for the Goals.
 
Universitas Hasanuddin telah meresmikan berdirinya SDGs Center, yang dipersiapkan sebagai penghubung antara stakeholder nasional dan lokal dalam upaya mencapai tujuan SDGs tersebut.(*/ir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :