Unhas Gelar Kuliah Umum Hadirkan Pakar Virus dari Australia

24 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar materi yang akan disampaikan oleh Assoc. Prof. Karyn Johnson (School of Biological Sciences, The University Queensland, Australia), Selasa (24/11).

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Farmasi menyelenggarakan kuliah umum dengan menghadirkan Assoc. Prof. Karyn Johnson (School of Biological Sciences, The University Queensland, Australia) yang menjelaskan tentang virus. Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (24/11).
 
Prof. Karyn menjelaskan beberapa hal tentang virus, diantaranya mengenalkan virus sebagai patogen umum, menggambarkan struktur umum, dan siklus hidup virus, hingga menjelaskan bagaimana dan mengapa virus sebagai dogma sentral dalam biologi molekuler.
 
Virus merupakan mikroorganisme yang bereplikasi dalam sel makhluk hidup untuk berkembang biak melalui mutasi. Semua bentuk kehidupan dapat diinfeksi oleh virus yang penyebarannya dapat terjadi dengan berbagai cara salah satunya melalui organisme pembawa penyakit atau dikenal dengan vektor.
 
"Virus merupakan parasit obligat intraselulur yang berkembang biak melalui mutasi dan seleksi alam. Masing-masing hanya mengandung satu macam asam nukleat, bisa jadi DNA atau RNA," jelas Prof Karyn.
 
Setelah pemaparan materi, kemudian dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab dari para peserta yang hadir. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 150 peserta berlangsung lancar hinga pukul 12.00 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :