Unhas Gelar Diklat DFPP Madya Sosial Kementerian Agama RI

23 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Diklat DFPP Madya Sosial Angkatan II Kelas Mandiri secara resmi dibuka oleh Sekretaris Unhas (Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT), Senin (23/11).

Universitas Hasanuddin melalui Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) bekerja sama dengan Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Bappenas dan Kementerian Agama RI menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Fungsional Penjenjangan Perencana (DFPP) Madya Sosial Angkatan II Kelas Mandiri. Pembukaan kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (23/11).
 
Mengawali kegiatan, Ketua P2KP Unhas Prof. Dr. Sangkala, M.Si., menyebutkan kegiatan Diklat akan berlangsung hingga 11 Desember mendatang dengan jumlah peserta 25 orang yang tersebar dibeberapa Provinsi di Indonesia, yaitu: Jambi, Aceh, Jawa Tengah, dan Sumatera. Olehnya itu, Prof Sangkala berharap peserta dapat mengikuti dengan baik agar seluruh indikator lulusan yang terdiri dari teknis perencanaan, sosial dan spasial dapat terpenuhi dengan baik guna memperoleh sertifikat pelatihan.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Fungsional Pusbindiklatren Bappenas, Rita Miranda, S.Sos., MPA., menyampaikan ucapan terima kasih atas kesedian P2KP melakukan kerjasama untuk menyelenggarakan kegiatan diklat tersebut. 
 
Lebih lanjut, Rita menuturkan meskipun berlangsung secara daring para peserta diklat diharapkan dapat mengikuti dengan baik agar memperoleh dua sertifikat yakni sertifikat keikutsertaan dan sertifikat kompetensi. Dalam kesempatan ini pula, Rita juga menjelaskan secara rinci terkait pejabat fungsional kepada para peserta.
 
Mewakili Kementerian Agama, Dr. H. Rudi Subiyantoro, M.Ph., selaku Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang menyampaikan terima kasih atas kerjasama Bappenas dan Unhas untuk menyelenggarakan diklat ini. Dalam kesempatan tersebut, beliau menjelaskan mengenai tugas dan tanggung jawab Pusdiklat Tenaga Administrasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung dalam memberikan pelayanan mutu pendidikan dan pelatihan berkualitas.
 
"Kami berharap melalui diklat ini akan semakin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta yang dilandasi etika sebagai seorang ASN," jelas Rudi.
 
Kegiatan secara resmi dibuka oleh Sekretaris Unhas, Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kesyukuran atas amanah dan kepercayaan yang tidak pernah berhenti diberikan oleh Bappenas kepada Unhas. Kegiatan ini akan dilaksanakan semaksimal mungkin, meskipun berlangsung secara virtual.
 
Beliau juga berpesan kepada para peserta diklat agar fokus dan menjaga kesehatan selama proses kegiatan untuk mendukung kelancaran pelatihan yang dijadwalkan akan berlangsung tiga minggu kedepan.
 
Kegiatan pembukaan berlangsung lancar hingga pukul 11.30 Wita dan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari masing-masing room yang telah ditentukan oleh penyelenggara.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :