Unhas dan Universitas Terbuka Kerja Sama Pengembangan Tridarma

24 Feb 2020 , admin-02 Akademik

Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Politik UT (Dr. Sofyan Aripin, M. Si) foto bersama dengan Dekan Fisip dan Dekan FIB Unhas usai penandatanganan Kesepakatan Kerja, Senin (24/02).

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) serta Fakultas Ilmu Budaya (FIB) sepakat melakukan kerjasama pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi bersama Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka (UT).   
 
Acara penandatanganan kerjasama berlangsung di Ruang Senat FISIP Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (24/02), antara Dekan FISIP Unhas (Prof. Dr. Armin Arsyad, M. Si) dan Dekan FIB Unhas (Prof. Dr. Akin Duli, MA) bersama Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UT (Dr. Sofyan Aripin, M. Si). 
 
Dalam sambutannya mengawali acara, Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UT, Dr. Sofyan Aripin, M. Si.,  menyampaikan terima kasih atas kesediaan FISIP dan FIB Unhas untuk melakukan kerja sama. Beliau memberikan beberapa gambaran tentang mekanisme pembelajaran dan capaian UT sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang berbasis pembelajaran jarak jauh di Indonesia. 
 
"Kerja sama ini merupakan implementasi dari kesepakatan bersama antara Rektor UT dan Rektor Unhas yang telah ditandatangani sebelumnya. Fokus kerja sama ini adalah pengembangan tridarma perguruan tinggi, yang akan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan e-learning dan pelibatan dosen dalam proses pembelajaran," jelas Dr. Sofyan. 
 
Pada kesempatan yang sama, Dekan FISIP Unhas, Prof. Dr. Armin Arsyad, M. Si., menyampaikan bahwa Unhas khususnya FISIP sangat menyambut baik setiap kerja sama. Prof. Armin juga menyampaikan komitmennya untuk bersama-sama FIB turut serta mendukung pengembangan UT.
 
"Kerjasama ini diharapkan bisa menguntungkan kedua pihak. Kami tentu sangat siap membantu, mungkin bukan hanya kolaborasi penelitian, kita bisa kembangkan kolaborasi lain seperti menyelenggarakan konferensi internasional bersama, ataupun membuat artikel ilmiah yang terindeks scopus," jelas Prof Armin. 
 
Pada saat yang sama, Prof. Dr. Akin Duli, MA., selaku Dekan FIB Unhas juga menyatakan kesediaannya untuk berkolaborasi bersama dengan UT dalam kerja sama ini. 
 
UT merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki model pengajaran berbasis teknologi sesuai dengan tuntutan era 4.0.  Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan kedua lembaga pendidikan bisa semakin memaksimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran pada mahasiswa. 
 
"Unhas sudah punya infrastruktur untuk kuliah online. Melalui kerja sama ini, kita bisa saling berbagi informasi tentang model pembelajaran berbasis teknologi kepada mahasiswa. Apalagi UT sistem kuliahnya bisa jarak jauh dengan menggunakan teknologi, jadi saya rasa ini kesempatan yang bagus untuk saling berbagi," jelas Prof Akin. 
 
Selanjutnya penandatanganan Kesepakatan Kerjasama ditutup dengan sesi diskusi untuk membahas bentuk tindaklanjut dari kesepakatan kerjasama yang telah dilakukan.  Acara penandatanganan kesepakatan kerja sama dan diskusi ini berlangsung hingga pukul 11.00 Wita.(*)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :