Unhas dan BPSDM Provinsi Sulsel Tanda Tangani MoU

7 Jan 2019 , admin00 Akademik

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu menerima kunjungan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Imran Jausi, M.Pd beserta rombongan di ruang kerjanya di Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Senin (7/01/2019) sekitar pukul 16.00.
 
Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menjalin kerja sama baru dengan Unhas dalam bidang pengembangan sumber daya manusia pemerintah daerah. Kerja sama dituangkan dalam Momerandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani antara Rektor Unhas dan Kepala BPSDM Provinsi Sulsel.
 
Melalui kerja sama itu, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Universitas Hasanuddin akan menjadi lembaga yang mengembangkan dan melatih tenaga SDM di berbagai instansi dan lembaga pemerintahan daerah di lingkup provinsi, kabupaten dan kota. Kepala Pusdiklat Unhas, Prof. drg. Hasanuddin Tahir, MS, yang turut hadir pada kesempatan itu, menjelaskan bahwa Unhas memiliki banyak ahli dan pakar di berbagai bidang. 
 
“Kepakaran yang dimiliki oleh Unhas ini dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah, khususnya oleh BPSDM. Kita siap untuk melakukan transfer ilmu dan pengetahuan, sebagai bentuk kontribusi Unhas bagi pembangunan daerah,” kata Prof. Hasanuddin.
 
“Ada semua ahlinya di sini (Unhas). Misalnya, cara memanen pohon mangga, ada ahli pohon mangga di sini.  Keuangan, manajemen ada ahlinya. Apa pun itu. Dulu semua itu personal, sekarang mau diorganisir oleh Unhas melalui Pusdiklat,“ lanjut Prof. Hasanuddin.
 
Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menyambut baik model kerja sama ini. Sebagai pimpinan universitas dia mendukung penuh peran Unhas di tengah masyarakat dan pemerintah, sehingga keberadaannya dapat terus  berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan daerah setempat.
 
“Unhas kini telah sampai pada tahap kematangan, yang sudah dapat menghasilkan dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, bangsa dan negara.  Maka kerja sama seperti ini menjadi model pengabdian Unhas bagi pembangunan daerah. Inilah komitmen yang kita sebut communiversity, yaitu universitas yang berkembang bersama masyarakat. Itulah Unhas,” kata Prof. Dwia.
 
Selain Kepala Pusdiklat Unhas, turut hadir pada penandatanganan MOU ini beberapa pejabat di lingkup Universitas Hasanuddin, antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik, serta beberapa Dekan Fakultas.(*)
    

Baca juga :