Unhas dan Badan Keahlian Sekjen DPR RI Tanda Tangani MOU

19 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Unhas (Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Sp.MK, Ph.D) bersama Kepala Badan Keahlian DPR RI (Dr. Inosentius Samsul, S.H., M.Hum) saling bertukar Map MoU yang secara simbolis menandakan kerjasama kedua pihak telah dimulai, Kamis (19/11).

Universitas Hasanuddin dan Badan Keahlian Sekretariat Jendral Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyepakati kerja sama pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Rektor Unhas diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Unhas (Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Sp.MK, Ph.D) bersama Kepala Badan Keahlian DPR RI (Dr. Inosentius Samsul, S.H., M.Hum).

Penandatanganan berlangsung pukul 10.00 Wita, Kamis (19/11) di Baruga Baharuddin Lopa, Fakultas Hukum Unhas dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat. Turut hadir dan menyaksikan Dekan FH Unhas (Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum) dan Ketua Badan Legislasi DPR RI (Dr. Supratman Andi Agtas, S.H., M.H).

Mengawali kegiatan, Kepala Badan Keahlian DPR RI, Dr. Inosentius Samsul, S.H., M.Hum., dalam sambutannya memberikan gambaran mengenai kelembagaan Sekjen DPR RI serta maksud dan tujuan kerjasama dilakukan.

Sekretariat Jenderal DPR RI merupakan unsur penunjang DPR yang berkedududukan sebagai kesekretariatan lembaga. Dalam Peraturan Presiden dinyatakan bahwa Setjen dan Badan Keahlian DPR RI merupakan aparatur pemerintah yang dalam menjalankan tugas dan fungsinya bertanggung jawab kepada Pimpinan DPR RI.

"Berdasarkan studi literatur dan sistem tata negara, maka lembaga ini penting untuk mendukung anggota dewan guna menghadirkan sistem legislasi yang kuat dan terencana," jelas Inosentinus.

Lebih lanjut, Inosentinus menyampaikan kerjasama didasarkan pada beberapa hal, diantaranya terkait dengan upaya memenuhi kebutuhan SDM yang memiliki keahlian khusus. Hal ini juga sekaligus sebagai bagian partisipasi publik dengan melibatkan akademisi yang secara empiris mengetahui apa yang terjadi di masyarakat.

"Banyak hal yang perlu pengkajian di DPR, sumber daya kita banyak, tapi sifatnya umum. Olehnya itu, kami melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi, mengingat SDM-nya lebih bervariasi dan fokus pada satu bidang keahlian. Ini menjadi bagian keterlibatan para akademisi untuk mendarmabaktikan diri pada bangsa dan negara," sambung Inosentinus.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., menyampaikan terima kasih atas kepercayaan kepada Unhas. Sebagai Perguruan Tinggi terbaik dengan peringkat 7 nasional, Unhas terus mengoptimalkan kerjasama dengan berbagai pihak sebagai bagian dari peningkatan kualitas dan mendukung Unhas dalam World Class University.

"Di dunia kami ditargetkan masuk 1000 besar. Banyak usaha yang telah dan akan terus dilakukan sesuai dengan lima indikator penilaian. Membangun kerjasama menjadi salah satu hal yang terus kami maksimalkan. Semoga apa yang kita kerjasamakan dapat diimplementasikan dengan program yang aplikatif," jelas Prof Nasrum.

Kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 10.30 Wita dan dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Ketua Badan Legislasi DPR RI.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :