Unhas Berikan Award Penghargaan pada Presiden Universitas Hiroshima Jepang

5 Feb 2019 , admin00 Akademik

Universitas Hasanuddin memberikan award penghargaan pada Presiden Universitas Hiroshima di Jepang, Prof. Mitsuo Ochi, M.D., Ph.D., melalui acara Apreciation Talk  di Auditorium Rumah Sakit Pendidikan Unhas, Selasa (5/02/2019), pukul 1.30 WITA.
 
Penyerahan award penghargaan tersebut dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, yang disaksikan oleh para pimpinan universitas, alumni Universitas Hiroshima-Unhas, dan puluhan mahasiswa kedokteran Unhas.
 
Award penghormatan itu merupakan sertifikat penghargaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diusulkan oleh Universitas Hasanuddin sebagai bentuk apresiasi yang luar biasa kepada Universitas Hiroshima atas bantuan dan kontribusinya pada berbagai universitas di Indonesia, khususnya bagi Unhas sendiri. 
 
Puluhan dosen dan alumni Unhas telah banyak belajar di Universitas Hiroshima, baik dalam program magister, terlebih doktor di bidang kedokteran. Salah satu alumni yang juga duta Universitas Hiroshima di Indonesia  adalah Prof. dr. Husni Tandra, Ph.D., Sp.An. Guru besar Fakultas Kedokteran Unhas ini merupakan mahasiswa program doktor pertama di Hiroshima University.
 
Prof Husni Tanra mengatakan, kurang lebih 30 mahasiswa kedokteran Unhas telah belajar di Universitas Hiroshima. “Saya pikir ini adalah jumlah terbanyak dokter yang pernah lulus di Universitas Hiroshima. Jadi, ijinkan saya menyampaikan penghargaan pada Hiroshma atas perhatian dan kepedulianya kepada kami,“ ucap Husni Tanra di hadapan Prof Mitsuo Ochi dan level pimpinan Unhas.
 
Sebelum menyerahkan sertifikat pernghargaan pada Prof Mitsuo Ochi, Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina, atas nama Kemenristekdikti, menyampaikan apresiasinya yang mendalam pada Universitas Hiroshima atas dukungan dan kontribusinya kepada Universitas Hasanuddin dan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Kontribusi tersebut diantaranya bantuan beasiswa dan pelayanan pendidikan di Hiroshima.
 
“Terima kasih pada Prof Mitsuo Ochi. Saya berharap, momentum ini bisa memperkuat kerja sama kita, dan membuka kemungkinan peluang yang berkelanjutan pada mahasiswa dan alumni kami untuk belajar di Hiroshima. Universitas Hiroshima adalah salah satu universitas terbaik yang berada di daerah hangat dan ramah di Jepang,“ kata Prof Dwia.
 
Dia juga menyampaikan rasa terima kasih yang besar pada Presiden Universitas Hiroshima atas pemberian Doktor Honoris Causa (HC) kepada Wakil Presiden RI H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga alumunus Unhas, pada Februari 2018 lalu.
 
Secara khusus, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menyatakan rasa terima kasihnya pada Universitas Hiroshima atas bantuan kemanusiaan yang telah diberikan untuk korban tsunami dan bencana alam di Palu. Bantuan kemanusiaan tersebut diserahkan melalui Unhas yang diterima secara simbolis pada Prof Dwia. 
Prof Mitsuo Ochi menyampaikan rasa kebahagiaannya pada Universitas Hasanuddin atas penerimaan dan kerja samanya selama ini. Dia merasa puas bekerja sama dengan bebagai universitas di Indonesia, khususnya Universitas Hasanuddin. Hubungan kemitraan tersebut diharapkan dapat berjalan terus dan semakin baik. 
 
Selain itu dia juga mengungkapkan rasa belasungkawanya pada warg Sulawesi atas bencan alam yang menimpa Palu di akhir bulan September 2018 lalu. Universitas Hiroshima telah melakukan penggalangan dana secara internal untuk korban bencana Palu. 
 
“Kami sangat terkejut dengan berita tsunami yang menghantam wilayah Sulawesi. Setelah mendengar kabar itu, dengan cepat kami melakukan pengumpulan dana secara internal. Bantuan dana ini berasal dari dosen, staf, dan mahasiswa Universitas Hiroshima. Saya ingin menyerahkannya melalui universitas Anda untuk mendukung mereka yang terdampak dengan bencana tsunami dan gempa bumi tersebut, ungkapnya di depan Rektor Unhas, para dekan, dan berbagai pimpinan Unhas yang hadir dalam acara tersebut.(*)
 
Laporan: Hidayat Doe
Editor: Ishaq Rahman

Baca juga :