Unhas Alokasikan 16,21 Milyar Untuk Penelitian Yang Libatkan Mahasiswa

4 Dec 2019 , adminuniversitas Akademik

Universitas Hasanuddin mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 16,21 Milyar untuk anggaran penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa.  Anggaran penelitian ini telah dimanfaatkan untuk mendukung kinerja penelitian dan publikasi Unhas pada tahun 2019.

Dari data Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unhas, pada tahun 2019 terdapat sebanyak 330 mahasiswa yang terlibat dalam skema penelitian ini.  Hal ini menunjukkan tingkat antusiasme mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian bersama dosennya relatif tinggi.

Dalam Focus Group Discussion yang berlangsung pada tanggal 29 November 2019, Sekretaris LP2M Unhas, Dr. Ir. Abdul Rasyid J., M.Si menjelaskan bahwa untuk tahun 2019, Unhas menyiapkan enam skema penelitian internal, yaitu:

- Penelitian Dosen Penasehat Akademik (PDPA)

- Penelitian Dosen Pemula Unhas (PDPU)

- Penelitian Dasar Unhas (PDU)

- Penelitian Inovasi dan Pengembangan Unhas (PIPU)

- Penelitian Terapan Unhas (PTU), dan

- Riset Unggulah Unhas (RUNHAS)

Selain skema penelitian tersebut, LP2M juga mengalokasikan skema Pengabdian Masyarakat dalam tiga skema, yaitu: Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), Program Kemitraan Unhas (PK-UH), dan Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK).

Dalam implementasi penelitian, setiap fakultas harus menentukan topik-topik unggulan penelitian yang nantinya akan dipilih setiap departemen untuk dikelola.(*/ir)

 

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

 

 

Baca juga :