Tutup Tahun 2018, Unhas Hasilkan 720 Publikasi Terindeks Scopus

1 Jan 2019 , admin00 Akademik

Universitas Hasanuddin menutup tahun 2018 dengan berbagai karya, prestasi dan capaian kinerja yang sesuai dengan target yang telah ditetapkan baik oleh Majelis Wali Amanat maupun target yang dibebankan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Salah satu target yang  telah dicapai tersebut adalah jumlah publikasi yang terindeks Scopus.
 
Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D mengatakan (Selasa, 01/01/2019), jumlah publikasi Unhas selama tahun 2018 yang tercatat di Scopus mencapai 720 paper.
 
"Sampai kemarin sore kita pantau, 720  paper yang penulisnya dari dosen dan peneliti Unhas telah tercatat di Scopus, artinya target kinerja publikasi telah dapat kita capai," kata Suharman.
 
Dari jumlah itu, ada 5 fakultas yang secara signifikan menghasilkan publikasi terbanyak, yaitu :
 
- Fakultas Teknik  (FT) sebanyak 149 paper;
- Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) sebanyak 127 paper;
- Fakultas MIPA sebanyak 103  paper;
- Fakultas Kedokteran sebanyak 78 paper;
- Fakultas Pertanian sebanyak 77 paper;
 
Jika dilihat dari sisi penulis, ada 11 penulis paling produktif menghasilkan publikasi Scopus, dengan rincian:
 
- Anwar Mallongi (FKM) dengan 26 paper;
- Moch. Hatta (FK) dengan 25 paper
- Veni Hadju (FKM) dengan 15 paper;
- Ansariadi (FKM), Jamaluddin Jompa (FIKP), Dahlang Tahir (FMIPA), Sukri Palutturi (FKM) masing-masing 13 paper;
- Nurhaedar Jafar (FKM), Zulkifli Abdullah (FKM), M. Isran Ramli (FT), Lawalenna Samang (FT) masing-masing 10 paper.
 
"Dari 11 penulis paling produktif, ada 6 orang yang berasal dari FKM. Selebihnya dari FT, FK, FKIP  dan FMIPA" kata Suharman.
 
Secara internal, Unhas sebenarnya menargetkan ada 750 publikasi yang terindeks Scopus, dengan asumsi setengah dari jumlah tenaga pengajar Unhas akan menghasilkan paper publikasi di Scopus. 
 
Rektor Unhas, Prof Dwia mengatakan target 750 paper itu akan tercapai karena masih terdapat setidaknya 6 konferensi internasional yang telah dilaksanakan di Unhas yang sementara proses penerbitannya di Scopus dalam waktu dekat. 
"Jika hasil keenam konferensi internasional itu terbit, maka kita akan mencatatkan tambahan setidaknya 200-an paper," imbuh Dwia.
 
Di ujung pesannya, Prof Dwia yang sementara melaksanakan ibadah Umroh, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang telah bekerja keras dengan komitmen dan dedikasi yang luar biasa untuk pencapaian kinerja penelitian dan publikasi Unhas di tahun 2018. 
 
“Tantangan ke depan yang tidak lebih mudah menuntut eksistensi peran masing-masing lebih baik dan berkualitas. Tetaplah berbangga menjadi bagian dari Unhas, rumah bersama kita yang terbuka, fleksibel dan bermutu”, kata Prof. Dwia. (*)

Baca juga :