Tim Medis dan Kesehatan Unhas Telah Tiba di Agats

9 Feb 2018 , admin00 Pengabdian Masyarakat

Ketua Tim Unhas untuk Agats, Prof. Dr. dr. Idrus Paturusi, MA bersama Tim Unhas dan Satgas Kesehatan KLB Campak dan Gizi Buruk Asmat.

Setelah melalui perjalanan selama 12 jam dari Pelabuhan Pomako, Timika, Kabupaten Mimika, Tim Medis dan Kesehatan dan Tim Multidisiplin Unhas Untuk Agats akhir mendarat di Pelabuhan Laut Agats, Jum'at, 9/2/2018 pukul 16.30 WIT.  Seluruh tim dalam keadaan sehat dan semangat, meskipun tampak kelelahan. 

Sehari sebelumnya, Tim Unhas meninggalkan Makassar, Kamis, 8/2/2018 pukul 05.45 dan tiba di Timika, Papua pukul 09.30.  Malam harinya, sekitar pukul 23.30, Tim Unhas bergerak menuju Pelabuhan Laut Pomako untuk meneruskan perjalanan menggunakan KM Sirimau pukul 04.00.

Setelah tiba di Agats, malam harinya (pukul 20.00) Tim Unhas menghadiri rapat koordinasi di Kantor Kesbangpol Pemkab Asmat, yang merupakan Posko Satgas Kesehatan KLB Campak dan Gizi Buruk Asmat.  Dalam rapat ini, ketua Tim Unhas, Prof. Dr. dr. Idrus Paturusi, SpBO memeperkenalkan Tim Unhas, sekaligus memaparkan rencana yang akan dilakukan oleh Tim Unhas.

Selain memberikan bantuan medis dan pelayanan kesehatan, Tim Unhas yang juga beranggotakan pakar-pakar multidisiplin merencanakan penanganan berkelanjutan yang bersifat jangka panjang.  Tim Multidisiplin akan bekerja hingga tanggal 14 Februari 2018, sementara Tim Medis dan Kesehatan akan bekerja selama 30 hari mendatang.(*)

Baca juga :