Terapi Psikoanalitik Anak Residivis Antarkan Tim PKM FH Unhas Raih Emas PIMNAS 2020

5 Dec 2020 , admin-02 Akademik

Ayu Lestari Indah bersama Tim berhasil meraih medali emas dalam ajang PIMNAS Ke-33 Tahun 2020 Kategori Kelompok Presentasi.

Pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) Ke-33 tahun 2020, salah satu delegasi Universitas Hasanuddin dari Fakultas Hukum (FH) berhasil meraih medali emas pada kelompok presentasi. Program yang dipaparkan adalah "Psychoanalitic Featuring Psycho Legal Therapy Pencegah Residivis Bagi Anak Mantan Narapidana di Kelurahan Pampang". 
 
Gagasan ini merupakan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. 
 
Melalui wawancara, Sabtu (05/12) bersama Ayu Lestari Indah selaku ketua tim menjelaskan bahwa timnya pada kompetisi ini bertujuan untuk pengembangan kreativitas dan inovasi, melalui pengabdian pada masyarakat. 
 
Ide pengabdian ini berawal dari permasalahan mitra yang berdomisili di Kelurahan Pampang. Sebagai tindak lanjut, Ayu beserta tim berkunjung ke lokasi dan bertemu dengan mitra, untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi melalui progran yang ditawarkan. 
 
Dari hasil kunjungan dan diskusi, tampak bahwa Kelurahan Pampang memiliki angka kriminalitas yang relatif tinggi. Hal ini disesuaikan dengan data Polrestabes Makassar yang menunjukkan sebanyak 28 kasus tindak kriminalitas sepanjang tahun 2018 dan 12 diantaranya dilakukan oleh anak dibawah umur. 
 
"Kami memperoleh data bahwa mitra mengalami diskriminasi sosial, sehingga mereka sulit berinteraksi dengan masyarakat sekitar, sulit mendapatkan pekerjaan yang layak dan penolakan-penolakan dalam meningkatkan status kedudukan. Mobilitas vertikal menjadi faktor pendorong mereka kembali melakukan tindak kejahatan. Kami menghadirkan gagasan Psychoanalitic Featuring Psycho Legal Teraphy untuk menyelesaikan permasalahan ini," jelas Ayu.
 
Psychoanalitic Featuring Psycho Legal Teraphy merupakan bentuk terapi dengan pendekatan psikoanalisa. Tujuannya meredakan trauma masa lalu, mengenali diri, menerima kekurangan dan mengelola kekurangan diri menjadi suatu kelebihan sehingga dapat menghadapi lingkungan sekitar.
 
Karena pandemik Covid-19, program terapi yang dilakukan Ayu dan timnya juga berubah dari interaksi langsung menjadi terapi secara mandiri melalui media video dan audio. Tim FH Unhas menyiapkan petunjuk tutorial dan materi tambahan mengenai dasar-dasar hukum, etika, dan moral melalui buku pedoman untuk mitra. 
 
Dengan mengandalkan terapeutik, setiap orang memiliki kemampuan menyembuhkan kondisi kejiwaannya. Sehingga, program ini akan menstimulasi kemampuan penyembuhan agar lebih efektif dan memperbaiki kondisi psikologis anak guna memilih tujuan hidup yang baru dan jelas.
 
"Saya dan tim sangat berharap agar kegiatan pengabdian ini dapat berlanjut, untuk mengatasi permasalahan sosial di kelurahan Pampang yang berkaitan dengan masalah anak mantan narapidana untuk meredakan trauma masa lalu, membangun pikiran positif hingga meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai hukum, etika, dan moral sebagai bekal untuk berinteraksi dan bersosialisasi," tutup Ayu.
 
Nama-nama Tim
 
Ketua : Ayu lestari Indah 
 
Anggota : 
1. Fausiah Febrianti 
2. Putri Rofifah Nabila Muchsin 
3. Arsita Anugrah Usman 
4. Sarping Saputra 
 
Dosen Pendamping : Eka Merdekawati Djafar S.H.,M.H.(*/mir/fh)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :