Sumitomo Foundation Siapkan Dana Penelitian Untuk Unhas

11 Jul 2019 , mirayanti110@gmail.com Akademik

Yayasan Sumitomo atau Sumitomo Foundation dari Jepang melakukan sosialisasi  sekaligus memberikan informasi terkait pemahaman manual antara Jepang dan negara-negara Asia. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 10.00 Wita di ruang rapat A, Lt.4 Gedung Rektorat. Kamis (11/07)
 
Sumitomo Foundation merupakan lembaga non-profit yang didirikan pada tahun 1991 oleh 20 perusahaan yang berada di bawah Grup Bisnis Sumitomo.  Tujuan lembaga ini adalah untuk memberikan hibah dalam rangka upaya peningkatan human society.
 
Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh M. Iqbal djawad., Ph.D selaku Direktur Kemitraan Unhas. Iqbal Djawad menjelaskan bahwa Yayasan Sumitomo merupakan salah satu yayasan yang memberikan biaya riset dan pendidikan yang cukup besar bagi negara Asia, termasuk Indonesia. 
 
“Tidak semua wilayah di Indonesia dilakukan sosialisasi seperti ini, hanya wilayah-wilayah yang punya banyak penelitian terkait Jepang. Makassar salah satunya, terutama Unhas,” kata Iqbal.
 
Sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan tambahan informasi bagi mahasiswa maupun dosen yang tertarik melakukan penelitian, terkhusus penelitian yang berkaitan dengan Jepang. Kehadirian Yayasan Sumitomo bisa menjadi sarana yang bisa dimanfaatkan bagi mahasiswa ataupun dosen untuk memperoleh pendanaan apabila penelitian mereka bisa lolos seleksi. 
 
Direktorat Kemitraan Unhas juga berencana melakukan workshop terkait hal ini, agar mahasiswa atau dosen yang benar-benar tertarik melakukan penelitian yang berhubungan dengan Jepang bisa dibimbing agar memaksimalkan jumlah pendaftar yang bisa lolos di Yayasan Sumitomo Jepang.  Tentu hal itu akan bermanfaat bagi Unhas, sebab semakin meningkatkan reputasi internasional Unhas.  
 
“Hal ini bisa juga meningkatkan kualitas Unhas, kan kalau proposalnya lolos dan dibaca oleh Jepang itu hal yang luar biasa, Unhas semakin dikenal juga,” kata Iqbal Djawad yang pernah menjabat sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang ini.
 
Mr. Hayama Kenichi selaku perwakilan dari Yayasan Sumitomo menjelaskan persyaratan yang harus dilalui oleh peserta yang tertarik untuk mendaftarkan diri mereka di Yayasan Sumitomo. Para peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan serta memberikan beberapa pertanyaan terkait Yayasan Sumitomo, sehingga terjalin proses komunikasi dua arah.
 
Sosialisasi yang dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen ini berlangsung hingga pukul 11.40 WITA.(*)
 
Laporan: Mirayanti (Humas Unhas)
Editor : Ishaq Rahman

Baca juga :