Senat Akademik Rapat Pertama Terima Maba

15 Aug 2016 , humas01 Akademik

Rektor Unhas Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. menyalami salah seorang mahasiswa baru Unhas. (Foto:Yuli/Humas)

Untuk pertama kalinya, Senat Akademik Universitas Hasanuddin menggelar rapat menyambut mahasiswa baru Universitas Hasanuddin di Baruga Andi Pangerang Petta Rani Kampus Tamalanrea, Senin (15/8) setelah Unhas bertransformasi dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Sebanyak 4.972 mahasiswa baru dari seluruh fakultas di lingkungan Unhas memasuki Baruga Andi Pangerang Petta Rani dengan pakaian putih hitam, kemudian bersalin dengan jaket merah, bersamaan dengan pemasangan jaket almamater Unhas secara siimbolis kepada perwakilan mahasiswa baru.

Para perwakilan mahasiswa baru didampingi para orangtua dan wali mereka menyaksikan penandatanganan pakta integritas untuk mematuhi seluruh aturan akademik di Universitas Hasanuddin selama mereka menjadi mahasiswa. Satu per satu perwakilan mahasiswa dan orangtua/walinya, maju meneken ikrar tersebut disaksikan Rektor Unhas Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A, Ketua dan Anggota Majelis Wali Amanah, Ketua, Sekretaris, dan Anggota Senat Akademik, Ketua, Sekretaris, dan Anggota Dewan Profesor, para Wakil Rektor, dan Sekretaris Universitas. para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas serta Sekolah Pasca Sarjana, Ketua-Ketua dan Sekretaris Lembaga, para kepala biro, dan di bawah tatapan mata ribuan mahasiswa baru.

Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu, satu per satu menyerahkan secara simbolis daftar mahasiswa kepada masing-masing Dekan Fakultas yang seluruhnya mengenakan jaket merah, seperti juga yang dikenakan Rektor Unhas.

Rektor Unhas mengatakan, mahasiswa baru Unhas sebanyak 4.972 orang itu merupakan hasil penjaringan dan registrasi ulang melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2.061 orang, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  1.667 orang, dan Mandiri dan Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan (POSK) 2.131 orang serta melalui Program Afirmasi ADIK Papua dan 3 T.

‘’Pada tahun 2016 melalui jalur SNMPTN, Unhas dilirik 34.842 pelamar,  SBMPTN 73.331 orang, dan Jalur Mandiri dan POSK 10.450 orang. Unhas pada tahun ini menjadi perguruan tinggi negeri ketiga paling diminati di seluruh PTN di Indonesia,’’ kata Dwia Aries Tina Pulubuhu disambut meriah oleh para mahasiswa baru yang sudah sesak hingga ke balkon baruga.

Dwia mengatakan, fakta itu meunjukkan, minat masyarakat khususnya calon mahasiswa baru terhadap Unhas sangat tinggi. Peningkatan jumlah peminat Unhas ini dari waktu ke waktu mengindikasikan, Unhas semakin memiliki peluang yang sangat baik memperoleh kesempatan mendidik putra-putri bangsa seperti yang hadir di Baruga Andi Pangerang Petta Rani saat ini.

‘’Saya mengharapkan agar kalian memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama belajar di kampus ini. Saya harap semua dapat menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu. Kalian memiliki tanggung jawab moral untuk tidak mengecewakan mereka yang Anda kalahkan dalam persaingan menjadi mahasiswa baru di Unhas,’’ kunci Dwia Aries Tina Pulubuhu, yang membuka sambutannya dengan sebuah untaian puisi. (*).

 

Baca juga :