Sekolah Pascasarjana Unhas Launching Konferensi Internasional

16 Mar 2018 , admin00 Akademik

Wakil Rektor IV Bidang Inovasi dan Kemitraan, didampingi oleh Dekan-dekan, Perwakilan Mitra, dan Panitia Pelaksana International Conference yang akan digelar oleh Sekolah Pascasarjana Unhas.

Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin melaunching konferensi internasional yang bertajuk The 1st International Conference on Global Issues for Infrastructure, Environment, and Socio-Economic Development 2018 ( GIESED-2018) di Aula Prof. Fachruddin, Sekolah Pascasarjana Unhas, Jumat (16/3/2018), pukul 14.00 WITA.

Konferensi internasional yang membahas isu-isu infrastruktur, lingkungan, pembangunan sosial ekonomi ini merupakan kegiatan ilmiah yang pertama kali akan digelar Sekolah Pascasarjana Unhas, dimana selama ini konferensi internasional hanya digelar oleh lembaga tingkat fakultas dan universitas. Konferensi yang akan berlangsung pada 30 Agustus -1 September 2018 tersebut mengangkat tema umum "Natural disaster management on risk reduction toward sustainable development for civic society".

Tema manajemen bencana alam dipilih karena dalam dua dekade ini ancaman dan dampak yang ditimbulkan oleh peristiwa bencana alam terhadap penduduk, lingkungan, dan ekonomi dunia sangat serius. Persoalan bencana tersebut kian diperparah adanya jaringan transportasi, infrastruktur, dan kegiatan industri. Sehingga untuk mengatasi dampak bencana tersebut memerlukan pendekatan yang komprehensif untuk memitigasi dampak bencana terhadap masyarakat sipil.

Melalui konferensi inilah tema manajemen bencana dari berbagai sudut pandang akan dikaji oleh sejumlah keynote speaker, yakni Prof Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Sp.Bo. ( Mantan Rektor Unhas), Dr. Lubgarda L Tolentino (ARSA President and Chair of Council), Prof. Ir. Dwikorita Karmawati, M.Sc., Ph.D. Selain itu, sejumlah pembicara internasional atau invited speaker juga akan hadir, yaitu Prof. Takeshi Ito ( National Institute of Technology, Akita University, Japan), Prof. Peter Davey ( Grifith University, Australia), Prof. Madya Dr. Chan Chee Ming (Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, Malaysia), Dr. Meine van Noordwijk ( Chief Science Advidosr World Agroforestry Center, ICRAF, Netherland).

Dalam acara peluncuran konferensi tersebut, Dekan Prof. Dr  Muhammad Ali, M.Si., Sekolah Pascasarjana Unhas mengatakan bahwa penyelenggaraan konferensi internasional ini akan menghasilkan prosiding terindeks copus yang memuat sekitar 200 paper yang diajukan oleh  peserta konferensi dari berbagai kampus di dalam negeri maupun luar negeri, serta dari praktisi yang tertarik dengan konferensi ini. “Dari Pascasarjana sendiri, konferensi ini ingin memberikan kontribusi pemahaman terhadap disaster manajement, serta memberikan stimulus dan penguatan pada rencana pembukaan program studi S2 Disaster Management,” kata Prof Muhammad Ali.

Sementara, menurut Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Inovasi Prof. dr. Budu, Ph.D, isu disaster management bukan hal baru bagi Unhas. Sebab, dalam beberapa tahun ini Unhas telah melakukan kerja sama dengan lembaga-lembaga luar, di antaranya kerja sama Unhas dengan Temasek Foundation di Singapura tentang bagaimana melahirkan master of trainer di bidang kebencanaan selama 3 tahun. “Alhamdulillah tahun 2014 lalu kita sudah mensertifikasi 70 master of trainer do bidang kebencanaan yang saat ini sudah tersebar di berbagai daerah, dan para master trainers itu melatih ratusan pelaku dan praktisi kebencanaan,” kata Prof Budu.

Prof Budu mengatakan bahwa penyelenggaraan konferensi internasional yang terindeks scopus seperti ini merupakan tugas dan tanggung jawab setiap dekan di Unhas. Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, kata Prof Budu, telah mewajibkan penyelenggaran konferensi internasional tersebut. “Dan hari ini, kita menyaksikan, konferensi internasional akan digelar oleh sekolah Pascasarjana. Semoga kegiatan ini bisa berjalan lancar dan bermanfaat bagi Unhas kedepannya,“ katanya.

Adapun tahapan dan jadwal konferensi internasional tersebut adalah

- Deadline pengajuan Abstrak Proposal: 15 April 2018

- Pengumuman abstrak yang diterima: 30 April

- Deadline pengajuan full paper: 15 Juni 2018

- Pengumuman full paper yang diterima: 30 Juni 2018

- Registrasi via online : 1 Juli-1 Agustus 2018

- Distribusi seminar kit: 29-30 Agustus 2018

- Pelaksanaan Konferensi: 30 Agustus – 1 September 2018

Untuk informasi lebih lanjut mengenai konferensi internasional dapat diakses melalui website: http://giesed2018.interconf.org/. (Liputan: Hidayat Doe, Humas Unhas)

 


Baca juga :