Sekolah Pascasarjana Unhas Gelar Konferensi Internasional GIESED 2020

24 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) hadir dan membuka kegiatan GIESED 2020 Sekolah Pascasarjana secara virtual, Selasa (24/11).

Sekolah Pascasarjana (SPS) Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan konferensi internasional bertajuk "The 3rd International Conference on Global Issue for Infrastructure, Environment, and Socio-Economic Development". Konferensi tahun ini mengambil tema "Enhancement of Science and Technology Application to Support The Implementation of SDGs". Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (24/11).
 
Hadir sebagai narasumber yakni Dr. (HC) Ir. H. Suharso Monoarfa (Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas), Dr. Peter Davey (Griffith University, Australia), Prof. Hideali Yasuhara (Ehime University), Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil (Unhas, Indonesia), Dr. Rer. Nat., Arifuddin Idrus, ST., MT., (Gadja Mada University, Indonesia), Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, ST., M.Phil (Unhas, Indonesia), dan Zul Fahmi Bin Mohamed Jaafar (Sekolah Teknik Sipil, Universiti Sains Malaysia).
 
Ketua Panitia, Dr.Phil.Nat. Sri Widodo, ST., MT., dalam pengantarnya menjelaskan bahwa konferensi internasional ini merupakan kegiatan tahunan ketiga. Narasumber yang hadir dari berbagai negara, dimana jumlah paper yang akan dipresentasikan sebanyak 150 naskah.  
 
“Presentasi peserta terbagi dalam tujuh sesi pararel, menggunakan ruang virtual zoom. Meskipun berlangsung secara daring, namun kami berharap seluruh proses dapat terlaksana dengan baik,” kata Widodo.
 
Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara. Dirinya menyadari besarnya tantangan yang dihadapi untuk menggelar kegiatan ini.  Berkat kerjasama dan komitmen seluruh unsur sehingga konferensi ini tetap terlaksana dengan baik.
 
Lebih lanjut, Prof Jamal menjelaskan konferensi ini menghadirkan kolaborasi interdisipliner dalam berbagai bidang ilmu, membahas tema global, namun dari berbagai perspektif. Diharapkan, konferensi ini dapat menjadi wadah pengembangan ilmu pengetahuan dan berbagi informasi para peserta.
 
Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan konferensi yang tentunya akan menambah pengetahuan, ajang berbagi pengalaman dan gagasan terkait isu-isu global dalam kehidupan masyarakat, utamanya dalam menghadapi era normal baru.
 
Prof Dwia juga menjelaskan mengenai peran perkembangan teknologi dalam mendukung 17 capaian SDGs. Dengan hadirnya teknologi, diharapkan dapat mengoptimalkan proses akselerasi pemenuhan tujuan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, beliau juga menuturkan pentingnya pengembangan inovasi yang dapat berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat 
 
"Untuk mencapai 17 tujuan SDGs, proses juga menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Saya yakin dan percaya, konferensi ini akan mendorong wawasan baru bagi peserta dan tentunya dapat membangun jaringan," jelas Prof. Dwia.
 
Usai pembukaan secara resmi, konferensi internasional GIESED 2020 kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi dari para narasumber. Konferensi akan berlangsung hingga pukul 18.00 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :