Satgas Covid-19 Unhas: Terima Donasi Honda Astra dan Menyalurkan APD

23 Apr 2020 , admin-02 Akademik

Ketua Tim Satgas Covid-19 Unhas sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran (Prof. dr. Budu, Sp.M(K), M.Med.Ed., Ph.D) menerima langsung donasi yang disalurkan oleh PT. Astra Honda Motor, Kamis (23/04).

Satuan Tugas Pencegahan Covid-19 Universitas Hasanuddin (Satgas Covid-19 Unhas) menerima bantuan dari PT. Astra Honda Motor (AHM), Kamis, 23/4.  Acara serah terima bantuan berlangsung di Aula RS PTN Unhas, dengan mengadopsi standar kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat.
 
Ketua Tim Satgas Covid-19 Unhas, yang juga Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. dr. Budu, Sp.M(K), M.Med.Ed., Ph.D mengatakan bahwa sejak merebaknya wabah Covid-19 pada awal bulan Maret 2020, Unhas segera mengaktifkan berbagai unit kerja terkait untuk membentuk Satgas Covid-19. Berbagai kegiatan dilakukan oleh Satgas Covid-19 Unhas, termasuk menerima donasi.
 
“Pada awalnya, kami membuka donasi dari sivitas akademika Unhas saja. Namun seiring waktu, ternyata banyak elemen masyarakat yang menaruh kepercayaan kepada kami, dan menitipkan bantuan untuk diteruskan ke pihak-pihak yang membutuhkan. Hingga saat ini, kami telah menerima lebih 1,7 milyar dana, dan ribuan bantuan dalam bentuk barang,” kata Prof. Budu.
 
Sebagian besar donasi yang diterima oleh Tim Satgas Covid-19 Unhas digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) yang kemudian didistribusikan kepada berbagai fasilitas kesehatan yang membutuhkan.  Bantuan dari PT. AHM yang diterima hari ini rencananya juga akan digunakan untuk pengadaan APD.
 
“Selain bantuan dana dari Astra Honda Motor, hari ini juga kami menerima bantuan APD dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat. Ini sudah yang kesekian kalinya kami terima. Setelah didata, bantuan ini akan kami teruskan kepada Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unhas yang juga membutuhkan APD untuk pelayanan,” kata Prof. Budu.
 
PT. AHM menyerahkan bantuan dana tunai sebesar Rp. 30 juta.  Perwakilan PT. AHM yang hadir, Febri, menjeaskan bahwa ini merupakan tahap kelima dari rangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. AHM.
 
“Kami menyerahkan bertahap ke berbagai pihak yang membutuhkan. Misalnya ada bantuan westafel untuk cuci tangan di tempat umum, bantuan APD, dan lain-lain. Semoga kita bisa terus bersinergi agar wabah ini dapat diatasi,” kata Febri.
 
Pada kesempatan ini juga berlangsung penyerahan APD dari Tim Satgas Covid-19 Unhas untuk RSGM Unhas, yang diterima oleh Wakil Direktur RSGM Unhas, drg. Adam Malik Hamiddeng, M.MedEd. Serah terima ini turut disaksikan oleh Pengurus PDGI Sulselbar, drg. Ardiansyah S. Pawinru, Ph.D.
 
“Kami di RSGM saat ini sangat terkendala dalam melakukan pelayanan karena keterbatasan APD. Dengan bantuan ini, mudah-mudahan kami dapat kembali memberi pelayanan kesehatan gigi dan mulut, terutama yang darurat,” kata drg. Adam.
 
Di akhir acara, Tim Satgas Covid-19 Unhas juga menyerahkan bantuan APD berupa masker untuk warga Dusun Baddo-baddo, Kawasan Bandara Hasanuddin, Maros.(*/ir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :