Sabtu Besok, Unhas Seleksi Calon TPD Sulsel

27 May 2016 , Ahmad Bahar Kerjasama

Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin menggelar ujian seleksi Tenaga Pendamping Desa (TPD) Profesional, Sabtu (28/5) ini di Kampus Unhas.  Ujian secara serentak terhadap 4.585 calon TPD ini akan memanfaatkan beberapa gedung pertemuan di Unhas, seperti: Gedung Baruga AP Pettarani, Gedung Pertemuan Ilmiah (GPI), Gedung Ipteks, Aula Baharuddin Lopa, Aula Prof. Hardjono, LT 3 dan LT 4, serta beberapa ruang Pemakaian Bersama (PB).

Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Muh. Akbar, M.Si mengharapkan kepada para peserta ujian agar datang tepat waktu (tes dimulai jam 08.00 Wita). “Keterlambatan hanya ditolerir 15 menit. Selain itu, peserta juga agar membawa peralatan tulis menulis sendiri, terutama pensil 2B, dan identitas diri, “ jelas Dosen Isipol Unhas ini.

Ujian ini akan diawasi sekitar 229 pengawas yang berasal dari dosen dan pegawai di Unhas dengan rasio 1 : 20. Sedangkan tes kejiwaan (psikotes) baru akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2016.  “Hal ini dilakukan karena, peserta yang bisa lanjut ke psikotes adalah yang telah dinyatakan lulus dalam ujian tulis,” kata Akbar.

Seleksi ini dilaksanakan oleh Unhas bekerja sama dengan kementerian desa Tertinggal untuk mempercepat pembangunan di  pedesaan. “Jumlah TPD yang akan diterima tersebut sebanyak 1.396 orang yang akan ditempatkan di 2.253 desa di Sulsel. Pendamping tersebut nantinya akan disebar sebanyak 126 orang di tingkat kabupaten/kota, 608 di tingkat kecamatan, dan 662 di tingkat desa,” Jelas Akbar. 

Tenaga pendamping desa yang akan direkrut Unhas tersebut, lanjut Akbar, terdiri atas Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAPM), Tenaga Pendamping Desa (TP), dan Tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD). Informasi pengumuman hasil tes ini nantinya dapat dilihat di Website Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi di http://www.kemendesa.go.id

Baca juga :