Rektor Unhas Buka Diskusi Publik Bersama Calon Walikota Makassar

21 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) membuka kegiatan Diskusi Publik Daring 2020, Sabtu (21/11).

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., membuka secara resmi kegiatan Diskusi Publik Daring 2020 dengan tema "Membangun Makassar Sebagai Kota Sehat". Kegiatan berlangsung pukul 15.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (21/11).
 
Dalam sambutannya, Prof Dwia menuturkan kegiatan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kota Makassar agar lebih mengenal para calon walikota dan mendengarkan komitmen serta gagasan mereka untuk menghadirkan Makassar sebagai kota sehat.
 
Menurut Prof Dwia, kota sehat tidak hanya dilihat dari aspek lingkungan saja. Namun, lebih dari itu makna kota sehat memiliki arti luas dan mencakup berbagi aspek kehidupan. 
 
"Kita ingin melihat kota Makassar menjadi kota indah yang juga didukung oleh penduduknya yang sehat. Jika penduduk sehat, maka pertumbuhan ekonomi Makassar juga akan semakin tinggi," jelas Prof Dwia.
 
Unhas sebagai Perguruan Tinggi juga terlibat dalam mendorong Makassar yang lebih sehat. Hal ini terlihat dari program kerja sama yang terjalin antara Unhas dengan Monash University dalam membangun infrastruktur dengan pendekatan kesehatan yang dikembangkan pada dua wilayah di Makassar sebagai daerah percontohan.
 
"Kita ada program RISE bersama Monash University yang dikembangkan oleh FKM Unhas guna menghadirkan infrastruktur yang mempertimbangkan aspek kesehatan seperti sanitasi maupun keadaan lingkungan, kerja sama ini sudah berlangsung selama tiga tahun. Hal ini tinggal dimanfaatkan dan dikembangkan oleh calon walikota yang nantinya mendapatkan amanah," tutup Prof Dwia.
 
Diskusi Publik Daring yang menghadirkan pasangan calon Walikota Makassar, bertujuan untuk mendengarkan gagasan dan pandangan para kandidat mengenai gagasan kota sehat, dengan harapan masyarakat dapat mengenal lebih dekat calon pemimpin mereka sekaligus mendorong partisipasi publik dalam proses pemilihan mendatang.
 
Usai pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dari para calon kandidat bersama peserta yang mengikuti kegiatan.
 
Kegiatan yang dipandu oleh Ir. Andi Erna Witoelar (Menteri Pemukiman & Pengembangan Wilayah Indonesia ke-22 Kabinet Persatuan Nasional) selaku moderator berlangsung lancar hingga pukul 17.30 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :