Rektor Unhas Berbagi Strategi Pengembangan Institusi di Politeknik Negeri Ujung Pandang

1 Jul 2020 , admin-02 Akademik

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menjadi narasumber dalam kegiatan sharing session Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Rabu (01/07).

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menjadi nara sumber dalam kegiatan sharing session yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Kegiatan sharing session dengan tema "Strategi Pengembangan Institusi dan Penguatan Kerjasama dengan Instansi Pemerintah dan Masyarakat"  berlangsung pukul 09.00 Wita di Aula Lantai 3 PNUP, Makassar, Rabu (01/07).
 
Mengawali kegiatan, Direktur PNUP Makassar, Prof. Ir. Muhammad Anshar M. Si., Ph.D., mengungkapkan rasa terima kasih atas kesediaan Rektor Unhas untuk berbagi kiat-kiat mengembangkan institusi pendidikan tinggi. 
 
"Capaian Unhas dibawah kepemimpinan Prof Dwia menurut pengamatan kami sangat luar biasa. Olehnya itu, kami sebagai anak dari Unhas berharap keberhasilan tersebut ditularkan kepada kami. Apalagi saat ini PNUP tengah bersiap untuk menjadi PTN-BLU, sehingga kami perlu masukan dan saran dari Unhas," jelas Prof Anshar. 
 
Dalam sharing session tersebut, Rektor Unhas menyampaikan bahwa kunci pengembangan institusi adalah perencanaan yang baik.  Apalagi PNUP ingin mengubah entitas dari satuan kerja menjadi Badan Layanan Umum (BLU). 
 
"Proses itu telah saya lalui, 2015 kami sudah di tetapkan menjadi PTN-BH. Pengalaman dan perencanaan itu kuncinya. Perencanaan berperan jadi panduan, tapi tetap tidak boleh lepas dari garis besar visi dan misi universitas. Harus ada sinergi dalam perencanaan tersebut, apalagi jika didukung dengan manajemen tata kelola yang baik," jelas Prof Dwia. 
 
Prof. Dwia juga menekankan pentingnya mile stones yang dibuat jangka panjang, sehingga mekanisme pengelolaan sumber daya dan program kerja lebih terarah. Selain itu, perlu adanya penguatan aspek eksternal yang strategis dengan melibatkan tidak hanya mitra tapi para alumni. 
 
"Pendekatan top down dan bottom up itu penting disinergikan, dan harus transparan. Di fase kematangan integratif Unhas, kita menerapkan pengembangan pengelolaan sunber daya dan asset, melakukan penataan organisasi dengan membentuk unit kerja yang strategis dengan tupoksi yang tidak tumpang tindih sampai pada tahap monitoring untuk melihat program kerja yang dilakukan sesuai dengan perencanaan jangka panjang," sambung Prof Dwia.
 
Saat ini, Politeknik Negeri Ujung Pandang tengah mempersiapkan diri menuju BLU sesuai arahan dari Permendikbud Nomor 4 Tahun 2000 yang menginginkan peningkatan status. Sehingga, melalui kegiatan ini diharapkan proses persiapan PNUP menuju BLU berjalan dengan baik sesuai saran dan masukan dari Unhas. 
 
Kegiatan sharing Session PNUP bersama Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sharing session ini berlangsung lancar hingga berakhirnya acara pukul 10.30 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :