Rektor Unhas Apresiasi Minat Dosen FKG Mengembangkan Jurnal

29 Jul 2017 , admin00 Penelitian

Rektor Unhas berfoto bersama jajaran pimpinan FKG dan pengelola Jurnal Dentomaxiollofacial Science sesaat setelah pembukaan Workshop OJS (29 Juli 2017)

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas menggelar Workshop Online Journal System (OJS), Peer Review, dan Assesment untuk Jurnal Terakreditasi Nasional, Sabtu – Minggu, 29 – 30 Juli 2017 di Hotel Clarion, Makassar.  Acara ini dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Kegiatan yang merupakan inisiatif pimpinan FKG dan pengelola jurnal (editorial board) Dentomaxillofacial Science ini bertujuan untuk meningkatkan reputasi jurnal menuju terakreditasi nasional dan terindeks secara global. 
 
Dalam sambutannya, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengungkapkan apresiasi dan rasa bangga atas semangat dan komitmen rekan-rekan di FKG Unhas untuk terus mmeberi perhatian terhadap perkembangan jurnal sebagai medium untuk mempublikasikan karya-karya akademik civitas akademika, baik di Unhas maupun perguruan tinggi lain di Indonesia.  “Sesuai arahan Menristekdikti, kita harus mencoba memotivasi diri kira agar dapat meningkatkan ranking universitas paling tidak untuk mencapai peringkat 500 dunia.  Hal ini dapat kita lakukan salah satunya dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi,” papar Prof. Dwia.
 
Saat ini, jumlah jurnal nasional yang terindeks scopus masih sangat langka.  Ini merupakan wilayah yang masih luas bagi kita untuk memasukinya.  “Di Unhas sendiri, kita terus mendorong agar jurnal-jurnal kita yang sudah menggunakan OJS agar terindeks.  Itulah sebabnya, kegiatan-kegiatan seperti ini sangat kami apresiasi,” lanjut Prof. Dwia.
 
Sementara itu Dekan FKG, Prof. Dr. drg. Baharuddin Thalib, M.Kes., Sp.BM mengatakan bahwa kegiatan ini patut kita syukuri karena memberi semangat pada kita pengelola jurnal di lingkup Unhas dan institusi pengelola jurnal FKG di Indonesia tentang bagaimana pengelolaan jurnal yang baik berstandar nasional. 
‘’Di samping itu kegitan ini bisa memotivasi kita untuk bisa lebih meningkatkan publikasi-publikasi nasional dan internasional karena menurut data yang kami terima bahwa jurnal keilmuan Kedokteran Gigi di Indonesia yang bereputasi jurnal nasional baru dua sementara yang bereputasi internasinal sama sekali belum ada,” kata Prof. Thalib.
 
Sebelumnya, Direktur  Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unhas,  drg. Muhammad Ruslin, M.Kes, Sp.BM, yang juga merupakan Chief Editor Dentomaxiollofacial Science Journal, mengatakan bahwa tujuan mengadakan Workshop ini tidak sekedar mengerti bagaimana mengelola junal dengan baik tapi juga bagaimana agar rekan-rekan pengelola jurnal dapat menargetkan jurnalnya masuk ke dalam list ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) dengan poin self assessment minimal 85 (A).  “Bahkan, target kami lebih dari itu yakni bagaimana kami dapat berusaha untuk masuk dalam list jurnal yang terindeks dalam Scopus dan Thomson Reuter,” tekad drg. Ruslin.
 
Kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara ahli, yaitu: Yoris Adi Maretta (Assosiate Editor DOAJ), drg. Diah Ayu Maharani, SKG.,Ph.D. (Editor of Journal of International Dental and Mecical Research), dan drg. Muhammad Ruslin (Chief Editor Dentomaxiollofacial Science) serta Prof. Dr. Irwansyah, SH., (Tim Assessor Akreditasi Jurnal Nasional).
 

Baca juga :