Rangkaian Dies Natalis Ke-64, Unhas Salurkan Bantuan Kepada Warga Masamba

28 Sep 2020 , admin-02 Akademik

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-64, sivitas akademika Universitas Hasanuddin menyalurkan bantuan logistik dan bantuan lainnya kepada warga Masamba, Luwu Utara.  Sebagaimana diketahui, bencana banjir bandang melanda Kabupaten Luwu Utara pada 13 Juli 2020 lalu.
 
Tim Unhas berada di Luwu Utara sejak Kamis (24/09) hingga Minggu (27/09).  Beberapa rangkaian kegiatan digelar, terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat.  Kegiatan yang dilakukan antara lain penyaluran bantuan dan pembangunan sumur galian untuk mendukung kebutuhan air bersih bagi warga Masamba. 
 
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, Dr. H .Agunawan, SKM, M.Si., menyampaikan rasa terima kasih kepada Unhas atas kepedulian yang ditujukkan untuk warga Masamba. Menurut beliau, bantuan yang diberikan Unhas sangat dibutuhkan masyarakat saat ini.
 
“Kami berharap kedepannya Unhas dapat menjadi salah satu universitas terbaik di Asia Pasifik dan dapat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat," jelas Agunawan. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Unhas menyalurkan 3 buah sumur gali terlindung, 216 peralatan makan, 100 paket peralatan MCK, serta 80 paket peralatan masak (kompor, tabung gas, panci). 
 
Untuk pembangunan sumur galian sudah dimulai sejak Sabtu (26/09) di tiga lokasi pengungsian yakni Desa Lawadi, Desa Meli dan Desa Petambua. Adapun kedalaman sumur yang dibangun bervariasi mulai dari 5 meter, 11 meter dan 12 meter. Pembangunan sumur galian dilakukan mengingat air bersih merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan masyarakat. Banyak dari masalah kesehatan yang timbul akibat kurangnya akses air bersih. 
 
Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH.,Ph.D selaku sekretaris panitia Dies Natalis ke-64 Unhas juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur dan tim Dies Natalis yang telah memberikan sumbangsihnya, baik berupa waktu, tenaga, maupun materi.
 
"Semoga ke depannya Unhas dapat memberikan lebih banyak lagi manfaat kepada masyarakat," jelas Prof Sukri. 
 
Hal serupa juga disampaikan oleh Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed. Beliau menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam pengadaan bantuan untuk Masamba. 
 
“Ucapan terima kasih kepada seluruh donatur, terutama para pimpinan Unhas yang telah menyumbang untuk korban banjir bandang di Masamba termasuk pihak Tonasa dan seluruh pihak yang telah terlibat membantu penyaluran bantuan kepada warga Masamba," tutup Aminuddin.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :