Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat Unhas Terakreditasi A

23 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) menyampaikan hasil penilaian terhadap akreditasi untuk Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin.  Berdasarkan surat keputusan yang diterbitkan pada 13 November 2020, Prodi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat Unhas dinyatakan terakreditasi A (Sangat Baik).
 
Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed. melalui penjelasannya pada Selasa (23/11) menyatakan rasa bahagia atas hasil akreditasi ini.  Sebelumnya, LAM-PTKes melakukan asesmen lapangan secara daring pada tanggal 30 Oktober s.d. 1 November 2020.
 
Sebelumnya, Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat memperoleh Akreditasi B pada tahun 2018.  Aminuddin menjelaskan, ketika visitasi saat itu, pihaknya memperoleh banyak masukan dan rekomendasi yang perlu disempurnakan.
 
“Sejak saat itu juga, kami mempersiapkan pemenuhan rekomendasi LAM-PTKes tersebut.  Kami mengoptimalkan peran Gugus Penjaminan Mutu Fakultas, yang secara rutin melakukan implementasi, monitoring dan evaluasi terhadap rekomendasi LAM-PTKes,” kata Aminuddin.
 
Keberhasilan Prodi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat mememperoleh Akreditasi A, menurut Aminuddin, merupakan hasil kerja sama dan kerja kolaboratif seluruh elemen di program studi, fakultas dan universitas.  Menurut beliau, kekompakan dan kolaborasi merupakan kunci utama.
 
“Masing-masing pihak menjalankan peran yang penting dan bersinergi.  Saya sangat terharu dengan semangat kolaborasi dan kerja sama rekan-rekan, para guru besar, tenaga pendidik, mahasiswa dan alumni.  Semua menunjukkan perhatian yang tinggi dan rasa kebersamaan selama proses persiapan,” kata Aminuddin.
 
Sebagai pimpinan fakultas, Aminuddin menjelaskan bahwa dirinya berkomitmen kuat untuk mencapai hasil yang optimal.  Seluruh permintaan dari prodi untuk menyukseskan akreditasi ini difasilitasi seoptimal mungkin.
 
“Komitmen pimpinan di tingkat universitas juga luar biasa besar.  Kami berterima kasih kepada Ibu Rektor yang memberikan dukungan penuh untuk akreditasi ini,” kata Aminuddin.
 
Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kesehatan Masyarakat pada awalnya merupakan Konsentrasi Ilmu Kesehatan Masyarakat Straga Tiga (S3) yang berada di bawah Sekolah Pascasarjana, mulai terbentuk pada tahun 2011.(*/ir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :