Profesor Abdul Qadar Punagi Guru Besar Bidang Kesehatan THT KL

26 Feb 2018 , admin00 Akademik

Prof. Dr. Abdul Qadar Punagi didampingi Rektor Unhas, Ketua Senat Akademik, dan Ketua Dewan Profesor.

Universitas Hasanuddin kembali mengukuhkan jabatan guru besar kepada Prof Dr dr Abdul Qadar Punagi, Sp. THT KL (K) FICS dalam Bidang Kesehatan Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala, dan Leher, Fakultas Kedokteran di ruang Senat Lantai 2 Rektorat Unhas, Senin (26/02). Dengan adanya pengukuhan profesor ini, total jabatan guru besar di Unhas menjadi 385 orang.

Acara penerimaan jabatan profesor tersebut dibuka oleh Ketua Senat Akademik Pro Dr H M Tahir Kasnawi, SU, dan dihadiri Rektor Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA Ketua Dewan Profesor Prof Dr Ir Abrar Saleng, SH MA, Ketua MWA Prof Dr H Basri Hasanuddin, MA, dan sejumlah anggota Senat, pimpinan fakultas dan lembaga, serta tamu undangan luar yang memenuhi ruangan senat. 

Dalam pidato pengukuhannya, Prof Abdul Qadar Punagi mengangkat judul Fungsi dan Peranan Irigasi Rongga Hidung pada Penatalaksanaan Gangguan Sinonasal. Dalam pidato tersebut, Prof Abdul Qadar Punagi mengatakan bahwa irigasi rongga hidung merupakan terapi non farmalkologik pada rinitis alergi, dimana kavum nasi dibilas untuk mengeluarkan sekret dan debris dari rongga hidung dan sinus, sehingga dapat mengobati penyakit di rongga hidung. Irigasi rongga hidung telah digunakan sejak lebih dari satu abad sebagai bagian dari penatalaksanaan penyakit-penyakit sinonasal. Irigasi rongga hidung dengan cairan salin membantu membersihkan sekret hidung, debris, meminimalkan krusta yang dapat menyebabkan obstruks dan mengurangi risiko sinekia pasca operasi.

Prof  Abdul Qadar Punagi menambahkan, irigasi rongga hidung untuk pembersihan hidung telah direkomendasikan sejak lama oleh ahli penyakit telinga, hidung, dan tenggorok. Bahkan, akhir-akhir ini irigasi ronggga hidung digunakan untuk terapi rinosinusitis. Sementara rinosinusitis itu sendiri adalah bentuk gangguan sinonasal yang bersifat akut dan kronik. Menurut Ayah dua anak ini, beberapa manfaat dari irigasi rongga hidung bagi penderita rinosinusitis adalah dapat meningkatkan kualitas hidup, mengurangi gejala rinitis alergi dan gejala rinosinusitis kronik, serta mengurangi pemakaian obat-obatan teruatama pasien alergi dan sinusitis yang berulang. 

 “Irigasi rongga hidung merupakan hal yang sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari dalam rangka upaya preventif terhadap kesehatan rongga hidung yang pada akhirnya akan mengurangi angka insiden gangguan sinonasal,” tutup Profesor  Abdul Qadar Punagi di kesimpulan pidatonya.

Dalam kesempatan ini, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu selaku Rektor Unhas menyambut bahagia acara penerimaan jabatan guru besar tesebut. Sebab, melalui kegiatan pengukuhan seperti ini para dosen bisa terinspirasi untuk terus berkarya dan berinovasi, sehingga dapat meraih jabatan profesor. 

Acara pengukuhan guru besar ini berlangsung dari pukul 09.00 pagi hingga 11.00 siang. Prosesi pengukuhan guru besar tersebut tampak  khikmat dan meriah. Sejumlah anggota keluarga Prof Abdul Qadar Punagi ikut mendampingi dan menyaksikan prosesi kegiatan ini yang ditandai dengan penandatanganan penerimaan jabatan guru besar. (Laporan Hidayat Doe)

 

Baca juga :