Prof Arsunan: Balance 2018 Sebagai Wahana Strategis Mahasiswa Baru

25 Aug 2018 , admin00 Akademik

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin menggelar acara pembukaan Basic Learning Skills Character And Creativity (BALANCE) 2018 di Auditorium Prof Amiruddin Fakultas Kedokteran Unhas, Sabtu (25/08/2018). 
 
Pembukaan  BALANCE dihadiri oleh 500 mahasiswa baru perwakilan dari seluruh fakultas di Unhas. Acara ini menjadi penanda dimulainya kegiatan BALANCE 2018 yang akan dilaksanakan pada setiap hari Sabtu selama lima minggu. 
 
BALANCE merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa baru sebagai rangkaian penerapan _grand design_ pengembangan karakter mahasiswa Unhas. Materi-materi yang diberikan kepada mahasiswa baru selama BALANCE diharapkan menjadi modal dasar untuk mengarahkan mahasiswa menjalani kehidupan kampus selama studi.
 
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. drg.  Arsunan Arsin, M.Kes, dalam pidato pembukaannya mengatakan bahwa kegiatan BALANCE sangat penting bagi mahasiswa baru untuk mengantarkan transformasi mereka dari tingkat sekolah menengah menuju perguruan tinggi. Sehingga, mahasiswa baru bisa memahami kegiatan dan kehidupan kampus, dan siap menjalaninya.
 
 
“Output BALANCE ini minimal bisa bertransformasi di kampus, memahami cara-cara pembelajaran yang baik, bagaimana melakukan kegiatan-kegiatan positif di kampus. Dengan kegiatan seperti itu, adik-adik mahasiswa baru bisa bermahasiswa dengan dinamis dan terkontrol,” kata Prof Arsunan.
 
Selama BALANCE, mahasiswa baru akan diberikan materi dan perkuliahan tentang ke-Unhas-an, etika, berpikir kritis, kreatif dan reflektif, kepemimpinan, motivasi dan kepercayaan diri, kamampuan komunikasi, membangun relasi, kerja sama dan jejaring. 
 
Materi-materi ini akan dipersentasikan kepada seluruh mahasiswa baru untuk membentuk karakter dan kemampuan mereka semasa menempuh studi di kampus. 
 
“Jadi BALANCE itu menjadi wahana yang strategis bagi peningkatan kompetensi mahasiswa dalam pembelajaran,” ungkap Prof. Arsunan yang juga merupakan ahli kesehatan masyarakat. 
 
 
Materi-materi kelas BALANCE akan dibawakan oleh 168 instruktur dosen yang akan didampingi 483 mentor dari kalangan mahasiswa senior. Peserta BALANCE yang berjumlah 6.624 mahasiswa baru akan dibagi dalam 140 kelas. Peserta kelas BALANCE akan diacak dari berbagai jurusan dan fakultas agar mahasiswa baru dapat berbaur satu sama lain dengan jurusan dan fakultas lain.  
 
Setelah BALANCE selesai, mahasiswa baru akan mendapatkan pembimbingan dan pendampingan selama setahun dari para mentor mahasiswa yang sudah mengikuti _Training of Trainer_ (ToT). Memasuki tahun kedua dan ketiga, mahasiswa angkatan 2018 ini sudah dapat aktif dan berkegiatan di lembaga kemahasiswaan (himpunan, BEM, UKM) dengan baik dan efektif sesuai minat dan bakatnya. 
 
Melalui penerapan konsep _grand design_ pegembangan karakter tersebut, seluruh kegiatan dan elemen akan saling bersinergi untuk melahirkan luaran Unhas yang berkarakter maritim, yaitu manusiawi, arif, religius, inovatif, tangguh, berintegritas, dan mandiri.(*)
 
Laporan dan Foto: Hidayat Doe

Baca juga :