Pernyataan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Sulawesi Selatan Terkait Gerakan Mahasiswa

2 Oct 2019 , admin-02 Akademik

Setelah melaksanakan pertemuan pada Selasa (01/10) di Universitas Hasanuddin, Forum Pimpinan Perguruan Tinggi se-Sulawesi Selatan mengeluarkan sikap resmi, untuk merespon dinamika sosial kemasyarakat terkait gerakan mahasiswa dalam beberapa waktu terakhir.
 
Pertemuan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Sulawesi Selatan diikuti oleh wakil dari 22 perguruan tinggi. Namun dalam pernyataan yang dikeluarkan, terdapat 30 nama perguruan tinggi se-Sulawesi Selatan.
 
Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D, menjelaskan bahwa dalam proses drafting pernyataan yang disebarkan melalui grup internal, para pimpinan perguruan tinggi yang tidak hadir juga menyatakan dukungan.
 
“Mereka juga memberi masukan untuk menyempurnakan draft, dan mengatakan mendukung sepenuhnya isi pernyataan. Itulah sebabnya pernyataan ini didukung oleh 30 perguruan tinggi di Sulawesi Selatan,” kata Suharman.
 
Secara garis besar, pernyataan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Sulawesi Selatan terdiri atas 5 (lima) point, yaitu:
 
(1) Menghimbau kepada semua pihak untuk selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, yang disertai semangat persaudaraan. Hal ini merupakan syarat mutlak dalam mewujudkan kedaulatan, keadilan dan kemakmuran bangsa di tengah kemajemukan. 
 
(2) Menghimbau kepada semua pihak bahwa penyampaian pendapat dan sikap adalah hak asasi yang harus disampaikan secara rasional dan proporsional serta berada dalam koridor negara hukum berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.
 
(3) Mendorong kepada Pemerintah, Unsur legislatif dan Aparat Keamanan untuk selalu mengedepankan metode dialog, persuasif dan antisipatif dalam menerima dan menangani penyampaian aspirasi masyarakat khususnya mahasiswa. Hal ini sejalan dengan jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. 
 
(4) Mendorong kepada Media untuk selalu mengambil posisi dan peran sebagai salah satu pilar demokrasi dengan informasi yang berisi narasi damai dan unsur netralitas. Hal ini adalah bentuk kontribusi media dalam menciptakan ruang publik yang demokratis. 
 
(5) Mengajak seluruh unsur sivitas akademika perguruan tinggi, komunitas masyarakat, pemerintah dan aparat keamanan untuk senantiasa membangun suasana dialogis dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan mewujudkan sulsel yang demokratis dan damai
 
Pernyataan ini disepakati oleh 30 perguruan tinggi di Sulawesi Selatan, yaitu:
 
1. Universitas Hasanuddin 
2. Universitas Negeri Makassar 
3. Universitas Islam Negeri Alauddin 
4. Politeknik Negeri Ujung Pandang 
5. Universitas Muslim Indonesia 
6. Universitas Bosowa 
7. Universitas Islam Makassar 
8. Universitas Fajar 
9. Universitas Muhammadiyah Makassar 
10. Universitas Kristen Indonesia Paulus 
11. Universitas Cokroaminoto Makassar 
12. Universitas Sawerigading 
13. Universitas Pejuang Republik Indonesia 
14. Universitas Pancasakti 
15. Universitas Karya Dharma Makassar
16. Universitas Pepabri 
17. STIA LAN Makassar 
18. Politeknik Informatika Nasional 
19. Institut Bisnis dan Keuangan Nitro 
20. STIE Nobel 
21. STIE Makassar Maju 
22. STIE Wira Bhakti 
23. STIE AMKOP 
24. STIEM Bongaya 
25. STMIK AKBA 
26. STIK Tamalatea 
27. STITEK Balik Diwa 
28. STIKES Nani Hasanuddin 
29. STIKES Mega Buana Palopo 
30. Institut Sains dan Teknologi Pembangunan Indonesia.(*)
 
Editor : Ishaq Rahman

Baca juga :