Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Unhas Gelar Serangkaian Acara

2 May 2018 , admin00 Akademik

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menerima penghormatan penutup usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 di Universitas Hasanuddin.

Hari ini, Rabu, 2 Mei 2018 diperingati secara nasional sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).  Universitas Hasanuddin menggelar serangkaian acara, yaitu Upara Bendera, Peluncuran Rangkaian Kegiatan Dies Natalis Unhas ke-62, Unhas Education Fair 2018, dan Ulang Tahun UKM Pramuka Unhas ke-40.

Upacara Bendera dalam rangka Hardiknas 2018 dipimpin langsung oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA sebagai inspektur upacara.  Upacara ini dihadiri oleh seribuan civitas akademika Unhas yang memenuhi lapangan PKM Unhas. Termasuk juga hadir adalah para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan Fakultas dan Sekolah Paska Sarjana, dan Ketua-ketua Lembaga, serta Unit Kegiatan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas yang membacakan sambutan tertulis Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengatakan bahwa pendidikan tinggi memiliki makna strategis dalam jenjang sistem pendidikan di tanah air.  Hal ini disebabkan karena, “di dalam pendidikan tinggi terdapat keharusan melakukan riset untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan manusia Indonesia dan dunia,” kata Prof. Dwia.

Dewasa ini negara-negara di dunia berupaya keras memajukan pendidikan tingginya, tidak hanya dalam sistem pembelajaran, namun juga dalam lingkup riset, teknologi, dan inovasi. Prof. Dwia, mengutip sambutan Menristekdikti, menegaskan bahwa “Keharusan perguruan tinggi melakukan riset serta inovasi semakin penting dalam situasi sosial yang penuh disrupsi di era sekarang ini, terutama dengan dorongan Revolusi Industri 4.0”.

Rangkaian upacara peringatan Hardiknas di Unhas juga diisi dengan penganugerahan satya lencana kesetiaan kepada beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengabdi di Universitas Hasanuddin dengan masa pengabdian antara 10 tahun hingga 30 tahun.(*)

 

 

Baca juga :