Penyerahan Sertifikat AUN-QA Untuk 4 Program Studi Unhas

12 Jun 2019 , admin00 Akademik

Universitas Hasanuddin telah menerima sertifikat ASEAN University Network - Quality Assurance (AUN-QA) untuk 3 program studi yang divisitasi pada bulan November 2018 lalu. Keempat program studi tersebut adalah: Agribisnis (Fakultas Pertanian), Manajemen (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Teknik Arsitektur (Fakultas Teknik), dan Pendidikan Kedokteran Gigi (Fakultas Kedokteran Gigi).
 
Hari ini, Rabu, 12 Juni 2019, berlangsung penyerahan Sertifikat AUN-QA untuk 4 Program Studi tersebut, yang dilaksanakan di Lounge Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas.  Sertifikat diserahkan langsung oleh Rektor Unhas kepada masing-masing pimpinan fakultas, dan oleh Ketua Senat Akademik kepada masing-masing pimpinan program studi.
 
Sebelumnya, keempat prodi ini divitasi oleh delapan asesor AUN-QA yang berasal dari empat negara.  Sertifikat pemenuhan standar AUN-QA telah diterima secara resmi oleh Unhas, selanjutnya diserahkan oleh Rektor Unhas kepada pimpinan fakultas dan prodi masing-masing.
 
Rektor Unhas, Prof. Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyambut capaian keempat prodi ini, sekaligus memberikan apresiasi bagi seluruh task force yang telah memberikan kontribusi dalam pencapaian standar AUN-QA.
 
“Saya selalu menekankan bahwa peran kami di level universitas adalah sebagai fasilitator dan pendukung.  Kontribusi terpenting adalah komitmen, kemauan, dan kerja keras dari masing-masing program studi, task force, dan fakultas,” kata Prof. Dwia.
 
Rektor Unhas juga memberikan apresiasi terhadap task force tingkat universitas yang tanpa mengenal lelah terus memandu dan membimbing prodi-prodi dalam penyusunan dokumen self assessment report (SAR). “Saya paham betul bagaimana beratnya menyusun dokumen tersebut, untuk memenuhi standar dan kriteria yang ditetapkan oleh AUN-QA,” kata Prof. Dwia.
 
Pada bulan April 2019 lalu, sebanyak empat prodi Unhas juga telah selesai divitasi oleh asesor AUN-QA, yaitu Ilmu Komunikasi (FISIP), Arkeologi (Fakultas Ilmu Budaya), Teknik Pertanian (Fakultas Pertanian), dan Peternakan (Fakultas Peternakan).  Hasil yang disampaikan beberapa waktu menyebutkan bahwa keempat prodi tersebut juga dinyatakan memenuhi standar AUN-QA.
 
Dengan demikian, saat ini sebanyak 17 program studi telah memenuhi standar AUN-QA.
 
Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, MT, Ph.D, CERT, menjelaskan bahwa Unhas terus berupaya meningkatkan jumlah program studi yang memenuhi standarisasi AUN-QA.
 
“Kita telah mendapatkan jadwal visitasi AUN-QA lagi tahun depan, yaitu Batch-6 pada bulan Januari 2020, dan Batch-7 pada bulan November 2020.  Pemenuhan standar AUN-QA ini memang merupakan kerja serius dan dibutuhkan persiapan waktu yang memadai. Jika proses ini berjalan sebagaimana yang direncanakan, maka kita optimis target akreditasi internasional bisa terpenuhi,” kata Suharman.
 
Acara penyerahan Sertifikat AUN-QA ini dihadiri oleh seluruh Ketua Senat Akademik, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, para Dekan, dan jajaran task force AUN-QA baik di tingkat program studi, fakultas maupun universitas.(*)
 
Editor: Ishaq Rahman

Baca juga :