Pemerintah Toraja Utara Terima Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104

23 Jul 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar Pemerintah Toraja Utara menerima mahasiswa KKN Unhas Angkatan 104, Kamis (23/07).

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 Angkatan 104. Penerimaan secara resmi berlangsung pukul 11.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (23/07).
 
Turut bergabung dalam kegiatan adalah Staf Ahli Bupati Toraja Utara Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik (Drs.Yonatan Manturino), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Toraja Utara, serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Toraja Utara. 
 
Mengawali kegiatan, Koordinator KKN Unhas Wilayah Enrekang, Tana Toraja dan Toraja Utara, Dr. Ir. Chairul Paotonan, ST., MT., menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pemerintah setempat yang telah menerima dengan baik mahasiswa Unhas untuk melakukan pengabdian masyarakat. 
 
Universitas Hasanuddin sebagai institusi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk bersama sama membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19. Kegiatan mahasiswa Unhas dalam upaya tersebut diharapkan bisa mengubah pola perilaku masyarakat dalam menyikapi permasalahan Covid-19.
 
"Tahun ini terjadi perubahan penyelenggaraan KKN Unhas. Kita selalu mengingatkan mahasiswa untuk mengedepankan protokol pencegahan Covid-19. Meskipun Toraja Utara masuk dalam zona hijau, namun kita berharap mahasiswa bisa membantu pemerintah setempat untuk menanggulangi penyebaran Covid-19," jelas Chairul. 
 
Chairul berharap mahasiswa Unhas yang melakukan pengabdian di Toraja Utara bisa berkolaborasi bersama pemerintah setempat dalam melaksanakan program kerja yang ditawarkan.
 
Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 secara resmi diterima oleh Bupati Toraja Utara yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Toraja Utara Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik, Drs.Yonatan Manturino. 
 
Mewakili Bupati Toraja Utara, Yonatan berharap mahasiswa Unhas bisa bekerja sama dengan pemerintah dan Gugus Tugas Penanggulan Covid-19 agar mampu mengoptimalkan kebijakan pemerintah terkait pencegahan Covid-19. Sehingga daerah setempat tetap menjadi kawasan zona hijau yang bebas dari penularan Covid-19.
 
"Meskipun Toraja Utara berada pada zona hijau. Namun, kita tetap melakukan upaya pencegahan. Pemerintah melakukan pengawasan ketat bagi setiap orang yang ingin masuk dalam wilayah. Semua masyarakat tingkat kabupaten sampai dusun melakukan upaya pencegahan," jelas Yonatan. 
 
Usai menerima secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program kerja mahasiswa KKN Unhas. Secara umum, mahasiswa melakukan program kerja dalam bidang edukasi masyarakat dan beberapa kegiatan lainnya dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat setempat. 
 
Untuk Kabupaten Toraja Utara, jumlah mahasiswa yang mengikuti pengabdian ada 49 orang yang terbagi dalam dua kawasan yakni Toraja Utara 1 sebanyak 24 orang yang tersebar di 8 kecamatan dan kawasan Toraja Utara 2 berjumlah 25 orang yang tersebar di 7 kecamatan. Semua mahasiswa tersebut merupakan putra putri asli Toraja Utara yang melakukannya pengabdian di daerah asal.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :