Pelantikan Pejabat Baru, Penyerahan SK Guru Besar, dan Penerimaan Kembali Doktor Baru di Lingkungan Universitas Hasanuddin

4 Aug 2017 , admin00 Seremonial

Rektor Unhas Menyaksikan Penandatanganan Berita Acara Pelantikan Baru, Jum'at, 4 Agustus 2017, di Lantai 1 Gedung Rektorat Unhas.

Hari ini, Jum’at, 4 Agustus 2017, berlangsung acara pelantikan pejabat baru ooleh Rektor Unhas, Penyerahan Surat Keputusan Pengangkatan Sebagai Guru Besar, dan Penerimaan Kembali Dosen Yang Telah Menyelesaikan Pendidikan Doktor (S3) di Lingkungan Universitas Hasanuddin.  Acara yang berlangsung di Lantai 1 Gedung Rektorat Unhas pukul 09.00 hingga 11.30 WITA ini dihadiri oleh Ketua Senat Akademik, Majelis Wali Amanat, para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, para Dekan Fakultas dan Pasca Sarjana, dan pimpinan lembaga dan unit kerja di lingkungan Universitas Hasanuddin.
 
Dalam sambutannya, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menegaskan bahwa pelantikan ini merupakan bagian dari proses penyegaran organisasi, sebagai hal yang rutin dan dilakukan secara berkala.  “Mutasi adalah bagian dari sistem yang membuat organisasi jalan,” kata Prof. Dwia.
 
Selanjutnya Prof. Dwia menjelaskan tentang kondisi sumber daya manusia (SDM) Unhas dan tantangan yang dihadapi.  “Dalam 3 tahun tahun terakhir ini, Unhas hanya menerima 82 dosen baru, padahal ada sebanyak 72 dosen yang pensiun, baik karena usia maupun wafat.  Ini berarti kita tidak mengalami perkembangan tenaga pengajar.  Padahal, kita membuka banyak program studi, terutama S2 dan S3.  Ini kita baru saja membuka program S3 Komunikasi dan S2 Biologi yang telah lolos akreditasi minimum,” papar Prof. Dwia.
 
Untuk itulah, Prof. Dwia mengharapkan agar para dosen dan pegawai serta pejabat-pejabat yang dilantik dapat selalu menunjukkan kekompakan dan keikhlasan dalam bekerja.  “Hanya dengan kompak dan ikhlas saja kita dapat mencapai kinerja yang baik dan maksimal.  Untuk itu, pejabat-pejabat baru hendaknya memperhatikan hal ini.  Apalagi, menjadi pejabat baru itu kita dituntut untuk mematuhi banyak hal.  Kita mengawalinya saja dengan pengambilan sumpah, penandatanganan kontrak kinerja, serta pernyataan pakta integritas.  Ini adalah tanggung jawab yang harus kita jaga,” kata Prof. Dwia.
 
Sementara itu, untuk para Guru Besar yang baru menerima SK, Rektor menitipkan pesan untuk terus berkarya dan berkontribusi meningkatkan reputasi universitas.  “Menjadi Guru Besar atau Profesor itu bukanlah akhir perjalanan.  Tetapi merupakan awal proses berkarya dan berkontribusi.  Sekarang ini, para professor itu dituntut untuk berkarya dan menghasilkan karya secara reguler.  Hari ini kita menyerahkan SK untuk 8 guru besar, dan tahun ini kita berharap bisa mencapai antara 17 sampai 20 guru besar baru yang kini sedang dalam proses,” lanjut Prof. Dwia.
 
“Kita juga pada hari ini menerima kembali sejumlah dosen yang kita kirim untuk tugas belajar beberapa tahun lalu.  Saat ini ada 3 dosen yang kembali kita terima, setelah menyelesaikan studi.  Ada puluhan lagi yang kini sedang berproses.  Saya mengucapkan selamat datang kembali.  Silahkan berkreativitas dan berinovasi, dan jangan lupa juga untuk memenuhi kriteria agar bisa secepatnya menjadi guru besar juga.  Atau jika ingin kembali mengikuti post-doctoral untuk membangun jejaring, akan kita dukung.  Tapi harus yang internasional.  Karena sekarang saya mengambil kebijakan setiap dosen, terutama yang muda-muda, harus memiliki pengalaman internasional.  Makanya, kalau ada yang mau lanjut studi, akan diberikan ijin kalau mau ke luar negeri,” kata Prof. Dwia.
 
Pada kesempatan ini, Rektor Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA melantik sebanyak 34 pejabat baru, menyerahkan SK Guru Besar kepada 8 orang Guru Bear, serta menerima kembalinya 3 dosen yang telah menyelesaikan studi doktoral (S3).
 

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik:

 
1. Dr. Fathu Rahman, M.Hum. sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Fakultas Ilmu Budaya ;
2. Prof. Dr. Abd. Rasyid, MA sebagai Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya Fakultas Ilmu Budaya;
3. Dr. Andi Muhammad Akhmar, S.S., M.Hum. sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Budaya Periode Kedua ;    
4. Prof. Dr. Moh. Ivan AZ., M.Sc. sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Fakultas MIPA ;
5. Dr. Muhammad Zakir, S.Si., M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya Fakultas MIPA ;
6. Dr. Andi Ilham, M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas MIPA Periode Kedua ;
7. Drs. Jeffry Kusuma, Ph.D. sebagai Sekretaris Lembaga Satuan Pengawas Internal ;
8. Dr. Ir. Sumarni Hamid, MT sebagai Ketua Departemen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik ;
9. Dr. Eng. Muhammad Rusman, ST., MT sebagai Ketua Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik ;
10. Dr. Taufiqur Rachman, ST., MT sebagai Ketua Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik ;
11. Dr. Amil Ahmad Ilham, ST., MIT. sebagai Ketua Departemen Teknik Informatika Fakultas Teknik ;
12. Dr. Andi Haris Muhammad, ST., MT sebagai Ketua Departemen Teknik Sistem Perkapalan Fakultas Teknik ;
13. Dr. Ir. Mimi Arifin, M.Si. sebagai Ketua Departemen Teknik Perencanaan Wilayah Kota Fakultas Teknik ;
14. Dr. Sufriadin, ST., MT sebagai Ketua Departemen Teknik Pertambangan Fakultas Teknik ;
15. Prof. Dr. Andi Muhammad Sofyan, SH., MH sebagai Ketua Departemen Hukum Pidana Fakultas Hukum ;
16. Dr. Iin Karita Sakharina, SH., MA sebagai Ketua Departemen Hukum Internasional Fakultas Hukum ;
17. Prof. Dr. dr. Bachtiar, Sp.Rad. sebagai Ketua Departemen Radiologi Respirasi Fakultas Kedokteran ;
18. Dr. dr. Andi Makbul Aman, Sp.PD. sebagai Ketua Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran ; 
19. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes., Sp.PD-KGH., Sp.GK sebagai Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Periode Kedua;
20. Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes. sebagai Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat ;
21. Dr. Laode Abd. Gani, SH., MH sebagai Sekretaris Departemen Hukum Internasional Fakultas Hukum ;
22. Dr. Ratnawati, SH., MH sebagai Sekretaris Departemen Hukum Masyarakat Fakultas Hukum ;
23. Dr. Kahar, SH., M.Hum. sebagai Sekretaris Departemen Hukum Perdata Fakultas Hukum ;
24. dr. A. Yasmin S., M.Sc., Sp.GK sebagai Sekretaris Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Periode Kedua;
25. Ulfah Najamuddin, S.Si., M.Kes sebagai Sekretaris Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat ;
26. Muh. Djafar, S.Sos. sebagai Kabag. Tata Usaha Sekolah Pascasarjana ;
27. Amah Nur Aeni, S.Sos. sebagai Kabag. Tata Usaha Fakultas MIPA ;
28. St. Aminah, S.Pt. sebagai Kasubag. Akademik Fakultas Kedokteran Gigi ;
29. Haidar, S.Sos. sebagai Kasubag. Keuangan dan Kepegawaian Fakultas Kedokteran;
30. Muhammad Thamrin, SE sebagai Kasubag. Umum dan Perlengkapan Fakultas Kedokteran Gigi;
31. Dra. Sri Wahyuni sebagai Kasubag. Kemahasiswaan Fakultas Farmasi ;
32. Hermin K. Mangande, S.Sos., M.Adm.KP sebagai Kasubag. Keuangan dan Kepegawaian Fakultas MIPA ;
33. Setiorini, ST., MM sebagai Kasubag. Akademik Fakultas Farmasi;
34. Wadzibah Nas, SE., MM sebagai Kasubag. Akademik Fakultas Kedokteran.
 

Dosen yang menerima Surat Keputusan Pengangkatan Sebagai Guru Besar (Professor):

 
1. Prof. Dr. Rasyid Thaha, M.Si, professor dalam bidang Ilmu Pemerintahan;
2. Prof. Dr. Ir. Muchtar Salam Solle, PGD, M.Sc, professor dalam bidang Ilmu Sosial Manajemen;
3. Prof. Dr. Eng. Syafaruddin, ST., M.Eng., professor dalam bidang Ilmu Konversi Energi;
4. Prof. Dr. dr. Anis Irawan Anwar, Sp.KK (K), professor dalam bidang Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin;
5. Prof. Dr. Hamzah, SH, MH, professor dalam bidang Ilmu Hukum;
6. Prof. Dr. Ir. Andani, MT, professor dalam bidang Ilmu Divais Mikroelektronika;
7. Prof. Dr. Ir. Syafruddin Syarif, MT, professor dalam bidang Ilmu Sistem Operasi Komputer;
8. Prof. Dr. drg. Fajriani, SKG., M.Si, professor dalam bidang Ilmu Kedokteran Gigi Anak;
 

Dosen yang diterima kembali setelah menyelesaikan Studi Doktoral (S3):

 
1. dr. Elryn Limoa, S.Ked, Sp.KJ, Ph.D, Fakultas Kedokteran, tempat studi di Shimane University, Jepang;
2. Dr. Taqdir Tahir, S.Kep, NS., M.Kep, Fakultas Kedokteran, tempat studi Universitas Hasanuddin;
3. Dr. Apik Indarty Moedjono, SKM, M.Si, Fakultas Kesehatan Masyarakat, tempat studi Universitas Airlangga, Surabaya.
 

Baca juga :