Mapala FT Unhas Berhasil Taklukkan Gunung Kosciuszko Australia

16 Dec 2019 , admin-02 Akademik

Sebanyak tiga mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) 09 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin yang mengikuti Ekspedisi Ewako Merah Putih IV telah berhasil menaklukkan Gunung Kosciuszko di Australia. 
 
Anugrah Pratama Putra sebagai ketua panitia dalam Ekspedisi Ewako Merah Putih IV menjelaskan melalui Whatsapp bahwa tim yang terdiri dari  Ade mulya Wardana (Teknik Kelautan, 2017), A. Ilham akbar (Teknik Mesin, 2015) dan Hariadi (Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, 2013)  pada tanggal 10 Desember 2019 memulai perjalanan mereka dengan mengurus perizinan serta mencari informasi tambahan tentang rute pendakian di Thredbo Information Centre, dikaki gunung. 
 
Lebih lanjut, Anugerah menjelaskan bahwa usai tim mendapatkan informasi terkait rute perjalanan, kemudian melanjutkan perjalanan menuju titik start yang terletak di Charlotte pass dan memulai pendakian hari pertama sejauh ± 11,4 KM menuju lokasi camp pertama dengan melewati jalur main range dengan waktu tempuh sekitar 7 jam 30 menit. Kondisi suhu saat itu berkisar 6° C dengan ketinggian 2500 Mdpl. Dihari kedua pendakian yang sasarannya adalah Gunung Kosciuszko, tim Mapala FT Unhas melakukan pendakian  sekitar 3 jam lamanya, hingga akhirnya mereka tiba di puncak gunung Kosciuszko.
 
Tim Ekspedisi Ewako Merah Putih IV MAPALA 09 SMFT-UH berencana akan kembali ke Indonesia pada Selasa (17/12) dan dijadwalkan akan tiba di Makassar pada Rabu (18/12) mendatang.

Baca juga :