Mapala FT Unhas Akan Taklukkan Tujuh Puncak Tertinggi Dunia, Kini Giliran Gunung Kosciuszko Australia

5 Dec 2019 , admin-02 Akademik

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes) beserta pimpinan FT Unhas foto bersama dengan mahasiswa Mapala yang akan berangkat.

Sebanyak tiga mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) 09 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin akan mengikuti Ekspedisi Ewako Merah Putih IV dengan menaklukkan Gunung Kosciuszko yang terletak di New South Wales, Australia. 
 
Mahasiswa Mapala yang akan menaklukkan Gunung Kosciuszko yakni Ade mulya Wardana (Teknik Kelautan, 2017), A. Ilham akbar (Teknik Mesin, 2015) dan Hariadi (Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, 2013) dijadwalkan akan berangkat esok hari Jumat (06/12). Mereka akan berada di lokasi pendakian hingga Rabu (18/12).
 
Anugrah Pratama Putra sebagai ketua panitia dalam Ekspedisi Ewako Merah Putih IV menjelaskan bahwa tiga orang yang akan melakukan pendakian  telah melakukan beberapa persiapan, terdiri atas persiapan bina fisik, bina materi, dan simulasi yang berlangsung kurang lebih enam bulan lamanya. 
 
Lebih lanjut, Anugrah menambahkan Mapala 09 FT Unhas memiliki kegiatan pendakian secara reguler, khususnya puncak-puncak tertinggi di dunia. Sebelum mendaki puncak Gunung Kosciuszko yang berada di Australia, tim Mapala 09 sudah terlebih dahulu menaklukkan beberapa puncak gunung tertinggi. 
 
Puncak gunung pertama yang ditaklukkan adalah Gunung Elbrus di Rusia pada tahun 2012. Kemudian pendakian kedua di Afrika yakni Gunung Kilimanjaro, Tanzania tahun 2015 dan terakhir Gunung Aconcagua yang terletak di Provinsi Mendoza, Argentina, Amerika Selatan tahun 2017.
 
"Ini program berkelanjutan yang kami namai Seven Summit atau tujuh puncak. Jadi kami bertekat untuk menaklukkan puncak puncak tertinggi didunia," jelas Anugerah. 
 
Sebelumnya, ketiga mahasiswa tersebut dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., Acara pelepasan ketiga mahasiswa berlangsung di Aula Fakultas Teknik Unhas, Kampus Gowa, Gowa, Selasa (03/12).
 
Dalam sambutan singkatnya diacara pelepasan tersebut, Prof Arsunan  memberikan nasehat kepada mahasiswa yang akan mendaki gunung untuk selalu berhati hati dan tentu berhasil sesuai apa yang mereka harapkan.
 
“Sebagai salah seorang pendiri Korps Mahasiswa Pencinta Alam atau Korpala Unhas, saya cukup memahami bagaimana tantangan yang dihadapi dalam mendaki gunung.  Saya berharap agar adik-adik selalu berhati-hati, dan berhasil mengharumkan nama Unhas serta nama bangsa,” pesan Prof. Arsunan.(*)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :