Malam Puncak Dies Natalis ke-63 Berlangsung Meriah

10 Sep 2019 , admin-02 Akademik

Universitas Hasanuddin menggelar malam puncak Peringatan Dies Natalis ke-63 pada Selasa, 10/9, mulai pukul 19.30 WITA.  Malam puncak dies yang bertajuk “UNHAS – BRI Red Night” ini berlangsung di GOR Unhas, Tamalanrea.
 
Dalam rangka Dies Natalis Unhas ke-63, Universitas Hasanuddin telah menggelar rangkaian kegiatan, antara lain Pengabdian Masyarakat Terpadu, Bakti Sosial, serangkaian Seminar dan Konferensi Internasional, lomba Olah Raga dan Seni, Dzikir Akbar, Family Gathering, dan Orasi Ilmiah. 
 
Semua rangkaian itu dilengkapi dengan acara Malam Ramah Tamah yang menghadirkan sejumlah tokoh dan mitra.  Tampak hadir pada jajaran tamu undangan antara lain: Gubernur Sulawesi Selatan (Nurdin Abdullah), Bupati Gowa (Adnan Purichta Ikhsan), Pj. Walikota Makassar (Dr. Iqbal Suhaeb), Pimpinan perbankan mitra-mitra Unhas, para Rektor Unhas pada jamannya (Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Prof. Dr. Ir. Radi A. Gani, Prof. Dr. Basri Hasanuddin, MA), seluruh dekan, dan pejabat struktural, Konjen Jepang di Makassar, dan Wakil Konjen Australian di Makassar, serta ribuan undangan lainnya.
 
Panitia Pelaksana yang tahun ini dipercayakan kepada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) sebagai ketua pelaksana dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) sebagai wakil pelaksana, yang akan menjadi ketua pelaksana tahun depan.  Salah seorang diva Indonesia, Vina Panduwinata dihadirkan sebagai bintang tamu.  Acara Ramah Tamah dibuka dengan music performance yang dilanjutkan dengan adegan tari kolosal yang menceritakan kisah I Lagaligo. 
 
Dalam laporannya, Dekan FKG, drg. Muhammad Ruslin, M. Kes., Ph. D., Sp.BM (K) memaparkan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan untuk menyambut hari jadi Unhas ke-63 sampai pada puncak acara.
 
 
"Terima kasih kepada panitia dan seluruh civitas akademik Unhas atas kerjasamanya yang luar biasa. Kami menyampaikan terima kasih kepada pimpinan universitas atas kepercayaan kepada FKG dan FKM sebagai panitia pelaksana. Kita telah menyelesaikan rangkaian panjang Dies Natalis ke-63 dan malam ini merupakan puncak seluruh kegiatan," jelas drg. Ruslin.
 
Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, juga menyampaikan apresiasi atas kemeriahan acara malam puncak dies natalis kali ini.  Dirinya menyatakan salut dan bangga atas kekompakan tim FKG dan FKM yang begitu terlihat nyata selama persiapan hingga malam puncak kegiatan ini.
 
"Kita bersama sama merayakan dengan sangat meriah dan sukses. Malam ini kita hadirkan kegembiraan dan kesenangan.  Tapi, kerja keras dan tanggung jawab tetap berjalan. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan kepada kita semua untuk menjawab tantangan masa depan," kata Prof Dwia. 
 
Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr pada kesempatan yang sama juga mengucapkan selamat kepada Unhas di usianya yang sekarang. Dirinya berkisah tentang peran masing-masing rektor pada masanya yang hadir pada malam hari ini.
 
"Tentu kita bersyukur hari ini Unhas merayakan puncak Dies, saya adalah satu satu produknya. Saya bersyukur dan berterima kasih kepada tokoh-tokoh Unhas yang mengantarkan saya sampai saat ini. Sungguh luar biasa. Oleh karena itu saya berharap Unhas terus menjadi garda terdepan dalam mempercepat pembangunan Sulawesi Selatan dan melahirkan alumni-alumni yang memiliki totalitas dalam berkontribusi bagi bangsa dan negara," kata Prof Nurdin. 
 
Dalam acara puncak Dies natalis, Unhas memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang memiliki dedikasi yang tinggi serta prestasi luar biasa dari segenap civitas akademik yang ada dalam lingkup Unhas. 
 
 
Adapun jenis penghargaan tersebut antara lain: Program Studi berprestasi kategori Pencapaian Akreditasi "A" BAN-PT/LAM-PTKes; penghargaan atas pengabdian, dedikasi, dan jasa-jasanya bagi dosen dan tenaga kependidikan yang telah memangku jabatan strategis; dan Program Studi Berprestasi kategori Pemenuhan Kriteria/Akreditasi Internasional tahun 2019; 
 
Selain itu diberikan juga penghargaan kepada individu-individu, antara lain: Dosen Berprestasi Kategori Sains Teknologi dan Sosial Humaniora Tingkat Universitas Hasanuddin Tahun 2019; Dosen Sebagai Academic Leader Tingkat Universitas Hasanuddin Tahun 2019; Dosen Penerima Penghargaan Unhas Champion 2019;  Dosen Periset Unggul 2019; Penghargaan bagi Mahasiswa Berprestasi; Penerima Penghargaan bagi Professor yang telah memasuki usia pensiun; dan Penerima Penghargaan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tahun 2019.
 
Dipenghujung acara yang berlangsung hingga pukul 00.00 ini, diserahterimakan pataka pelaksana Dies Natalis dari Dekan FKG kepada Rektor Unhas, dan selanjutnya diserahkan oleh Rektor kepada Dekan FKM. Turut mendampingi Dekan FKM adalah Dekan Fakultas Kedokteran yang akan menjadi wakil pelaksana tahun depan.(*)
 
 
 
Editor : Ishaq Rahman

Baca juga :