Maksimalkan Kolaborasi Akademik, Unhas Tanda Tangani MOU dengan Tiga Perguruan Tinggi

20 Dec 2019 , admin-02 Akademik

Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) foto bersama dengan Rektor dari tiga Universitas usai penandatanganan MoU, berlangsung di Lounge Lt. 8 Gedung Rektorat Unhas, Jumat (20/12).

Universitas Hasanuddin sepakat melakukan kerja sama dengan tiga perguruan tinggi, yaitu: Universitas Fajar Makassar, Institut Bisnis dan Keuangan Nitro Makassar, dan Universitas Hang Tuah Surabaya. Kerja sama tersebut mencakup bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta pengembangan sumber daya manusia.
 
Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) dengan masing-masing pimpinan perguruan tinggi.  Acara penandatanganan berlangsung di Lounge Rector, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jum’at (20/12), pukul 14.00 WITA.
 
Universitas Hang Tuah
 
Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya, Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE, M.AP, MH menyampaikan terima kasih atas penerimaan Unhas untuk menjalin kerjasama. Menurut beliau, Unhas merupakan Universitas besar yang memiliki sumber daya unggul. Dengan berkolaborasi, beliau berharap dapat meningkatkan capaian universitas yang dipimpinnya seperti yang telah dicapai oleh Unhas. 
 
“Selain itu, alasan kami memilih Unhas adalah karena adanya kesesuaian dalam hal visi dan misi.  Unhas merupakan perguruan tinggi yang mengusung visi kemaritiman.  Sementara Universitas Hang Tuah juga pola ilmiah pokok iptek kelautan,” kata Sudirman. 
 
Universitas Hang Tuah merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya, yang berada di bawah naungan Yayasan Nala, dimana yayasan ini berada dibawah pembinaan TNI Angkatan Laut.  Perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 1987, yang diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut ketika itu, Laksmana Rudolf Kasenda.
 
Institut Bisnis dan Keuangan Nitro
 
Rektor Institut Bisnis dan Keuangan Nitro, Prof. Dr. H. Marsuki, DEA mengungkapkan kegembiraannya atas kerjasama yang akan terjalin. Menurut beliau, bekerjasama dengan Unhas merupakan langkah strategis bagi Nitro dalam mengembangkan institusinya.
 
“Sebenarnya secara aktual, hubungan antara Nitro dan Unhas sudah terjalin lama. Buktinya, saya yang merupakan dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas diizinkan oleh Ibu Rektor untuk menjadi Rektor disini.  Kita ingin memformalkan kerja sama ini dalam bentuk MOU, sehingga benar-benar memiliki landasan hukum. Selain itu, juga untuk memperluas cakupan kerja sama,” kata Marzuki.
 
Dalam paparannya, Prof. Marzuki selanjutnya menjelaskan bahwa Institut Bisnis dan Keuangan Nitro merupakan institut pendidikan pertama di kawasan timur Indonesia dalam bisnis dan keuangan.  Lembaga ini memiliki visi untuk menjadi rujukan di Indonesia Timur dalam bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan.  Dirinya berharap, kerja sama dengan Unhas dapat memberi kontribusi dalam pencapaian visi tersebut.
 
 
Universitas Fajar Makassar
 
Rektor Universitas Fajar, Dr. Muliyadi Hamid, SE, MSi mengatakan bahwa kampus yang dipimpinnya kini memasuki tahun ke-11.  Pada awalnya, universitas yang resmi berdiri pada tahun 2008 ini merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi, Akademi Pariwisata, dan Akademi Akuntansi.  
 
Penandatanganan MOU dengan Unhas yang dilakukan pada hari ini sebenarnya merupakan perpanjangan dari MOU yang telah ada sebelumnya.
 
“Kami telah memiliki MOU dengan Unhas yang berlaku selama 5 tahun, dan berakhir pada bulan Mei 2019 lalu.  Pertemuan dan kehadiran kami hari ini adalah dalam rangka memperpanjang MOU tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Unhas merupakan institusi yang penting untuk meningkatkan kinerja kami,” kata Muliyadi.
 
Sambutan Rektor Unhas
 
Menyambut penandatangan MOU dengan ketiga perguruan tinggi tersebut, Rektor Unhas menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih atas kepercayaan dari masing-masing perguruan tinggi untuk bermitra dengan Universitas Hasanuddin.
 
"Masing-masing universitas, baik itu PTN maupun PTS, punya keunggulan dan kelemahan. Kerjasama ini akan saling menguatkan dan saling mengisi.  Unhas memang merupakan perguruan tinggi negeri tertua di kawasan Timur Indonesia dan telah beralih menjadi PTN Badan Hukum. Kami perlu belajar kepada kampus lain, terutama swasta, dalam hal tata kelola dan manajemen," jelas Prof Dwia. 
 
Menurut Prof. Dwia, sebagai perguruan tinggi negeri tertua di kawasan Timur Indonesia, telah menjadi kewajiban Unhas untuk turut serta memberi kontribusi bagi pengembangan kampus-kampus lain.  Dirinya percaya, dalam era sekarang ini, setiap institusi perlu berkolaborasi untuk menuju kemajuan bersama.
 
Acara penandatanganan MoU selanjutnya diisi dengan ramah tamah dan berdiskusi dengan masing-masing pihak.  Acara berlangsung hingga pukul 15.30 WITA, ditutup dengan penukaran cendramata dan foto bersama.(*)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :