Majelis Wali Amanat PTN Badan Hukum seluruh Indonesia akan Bertemu di Makassar

10 Feb 2020 , admin-02 Akademik

Sebagai bentuk kesiapan sebagai tuan rumah, Unhas telah beberapa kali mengadakan rapat untuk membahas persiapan kegiatan.

Universitas Hasanuddin akan menjadi tuan rumah pertemuan Forum Majelis Wali Amanat (MWA) 11 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).  Pertemuan ini mengambil tema “Optimalisasi Otonomi dalam Meningkatkan Kemandirian PTN Badan Hukum”.  Acara utama akan berlangsung di Gedung Center of Microfinance, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, pada Rabu dan Kamis, 12 – 13 Februari 2020.
 
Pertemuan ini akan dihadiri oleh anggota MWA dari seluruh PTNBH di Indonesia.  Seluruh PTNBH telah mengkonfirmasikan kehadiran anggota MWA masing-masing dengan jumlah peserta yang beragam.  Panitia terus mematangkan persiapan, baik yang berkaitan dengan teknis kegiatan maupun substansi.
 
Ketua Panitia, Dr. Indritanti Sudirman, SE, M.Si, mengatakan bahwa panitia telah merampungkan persiapan, baik hal substansi terkait materi pertemuan maupun persiapan teknis lainnya.
 
“Pertemuan ini akan membahas isu-isu strategis terkait otonomi pendidikan tinggi, khususnya yang menjadi mandat PTNBH.  Para anggota MWA dari berbagai PTNBH akan berbagi pengalaman dan mendiskusikan tantangan-tantangan yang dihadapi, serta bersama-sama mencari alternatif solusinya,” kata Dr. Indrianti.
 
Pada forum ini, beberapa tokoh telah diundang untuk berperan sebagai nara sumber, yang memberikan pengantar kontekstual terkait topik yang akan dibahas.  Para nara sumber yang diundang antara lain Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.  Sementara beberapa pemantik untuk sesi paralel antara lain: Prof. Dr. Ir. Joko Santoso, M.Sc (ITB), Prof. drh. Wiku Adisasmito, M.Sc, Ph.D. (UI), Prof. Dr Bambang Purwantara (IPB), Ir. Yani Panigoro, M.M. (ITB).
 
“Alhamdulillah, seluruh nara sumber telah konfirmasi akan hadir. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan diwakili oleh Sekretaris Jenderal. Pak Menteri sebenarnya ingin sekali hadir, apalagi beliau merupakan anggota MWA ex-officio dari seluruh PTNBH.  Namun pada saat bersamaan, beliau sedang berada di luar negeri,” lanjut Indriyanti.
 
Secara garis besar, pertemuan Forum MWA PTNBH ini terdiri dari sesi pleno dan sesi paralel.  Peserta pertemuan akan dibagi dalam 4 kelompok paralel yang membahas isu spesifik. 
 
Secara umum, MWA Unhas yang bertindak sebagai tuan rumah telah siap menyelenggarakan kegiatan ini.  Panitia terus bekerja dan berkoordinasi untuk menyukseskan hajatan yang baru pertama kali diselenggarakan di Makassar tersebut.  Pada akhir acara, panitia telah menyiapkan kegiatan ekskursi berupa kunjungan ke obyek wisata Rammang-rammang.(*)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :