Mahasiswa KKN Unhas di Papua Bantu Masyarakat Desain Logo Usaha Baru

21 Jul 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar seminar online program kerja mahasiswa KKN Unhas Angkatan 104 di Papua.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin Gelombang 104 tahun ini mengusung tema sentra “Bersatu Melawan Covid-19”. Desain kegiatan berbasis pada domisili atau lokasi tempat tinggal setiap mahasiswa pada saat KKN berlangsung.  Dengan demikian, mahasiswa KKN Unhas diharapkan dapat memberi kontribusi bagi upaya pencegahan penularan Covid-19, minimal terhadap lingkungan sekitarnya.

Sebanyak 9 orang mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 berada di lokasi Papua dan Papua Barat. Mereka berdomisili pada lima kabupaten, yaitu Mimika, Jayawijaya, Wondama, Manokwari, dan Kota Sorong.
 
Salah seorang peserta KKN Unhas di lokasi Papua dan Papua Barat, Nursiah, menjelaskan bahwa program kerja yang dirancang oleh peserta di lokasi ini berfokus pada upaya pencegahan penularan dan penanganan Covid-19, dengan kegiatan edukasi secara daring.
 
“Sesuai arahan dari pengelola KKN Unhas dan panduan yang telah disosialisasikan kepada kami, program kerja kami disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat tinggal masing-masing. Untuk program kerja kelompok, kami saling berkoordinasi secara daring,” kata Nursiah, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Wania, Kabupaten Wamena ini.
 
Salah seorang peserta yang berdomisili di Kecamatan Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat,  Maghdalena Tania Dirgarahayu, memilih program individu yang unik. Ia bermaksud membantu masyarakat sekitarnya membuat logo untuk mendukung branding bagi usaha kecil yang bermunculan selama masa pandemi.
 
Dosen pendamping KKN untuk lokasi Papua dan Papua Barat, Dr. Lalu Muhammad Saleh, S.KM,. M.Kes. menjelaskan bahwa mahasiswa KKN di lokasi ini juga menghadapi tantangan posisi geografis yang saling berjauhan.
 
“Untuk itu, kami mendorong agar mereka merancang kegiatan KKN yang sesuai dengan keadaan sekitar tempat tinggalnya.  Jadi, ini semacam wujud kepedulian sosial terhadap lingkungan terdekat,” kata Lalu, yang merupakan dosen FKM Unhas.
Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 di lokasi Papua dan Papua Barat telah melaksanakan seminar program kerja sejak tanggal 11 Juli 2020 secara daring. Beberapa program saat ini telah berlangsung.(*/ir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :