LAM-PTKes Visitasi Prodi Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Unhas

10 Feb 2020 , admin-02 Akademik

Suasana berlangsungnya pembukaan kegiatan visitasi akreditasi Prodi Mikrobiologi Klinik FK Unhas oleh LAM-PTKes, Senin (10/02).

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin.  Acara pembukaan visitasi berlangsung di Ruang Senat FK Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (10/02), mulai pukul 08.30 WITA.
 
Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP), Dekan Fakultas Kedokteran (Prof. dr. Budu, Ph.D, Sp.M (K), M.MedEd) beserta jajarannya, Ketua Program Studi Mikrobiologi Klinik, Direktur RSPTN Unhas, mahasiswa FK Unhas dan beberapa tamu undangan dari Dinas Kesehatan Makassar. 
 
Pada kesempatan ini, tim Assesor LAM-PTKes yang melakukan visitasi akreditasi selama dua hari adalah:
 
1. Prof. Dr. dr. Winarto, Sp.MK., SpM (K) 
2. Prof. Dr. dr. Ni Made Mertaniasih, MS., Sp.MK (K)
 
Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada tim assesor. Kegiatan akreditasi merupakan salah satu agenda prioritas bagi Unhas, sebab hal ini menjadi salah satu indikator untuk mengetahui kualitas dan capaian-capaiannya. 
 
“Bagi kami, visitasi akreditasi memiliki makna penting.  Dengan tahapan ini kami mengetahui area mana saja yang perlu kami jadikan perhatian untuk pengembangan mutu dan kualitas akademik. Unhas menjadikan akreditasi sebagai rujukan atau pedoman untuk mengembangkan mutu akademik yang lebih baik,” kata Prof Restu. 
 
Prof Restu berharap kegiatan akreditasi ini bisa memberikan hasil terbaik bagi Mikrobiologi Klinik FH Unhas. Akreditasi ini merupakan akreditasi minuman pertama bagi Program Studi tersebut. Sehingga, diharapkan bisa memberikan hasil yang bisa digunakan sebagai tonggak awal bagi Mikrobiologi Klinik kedepan. 
 
Mewakili Tim Assesor LAM-PTKes, Prof. Dr. dr. Ni Made Mertaniasih, MS., Sp.MK (K) menjelaskan maksud dan tujuan kehadiran mereka, yaitu untuk melihat seluruh komponen dari borang yang sudah dikirimkan oleh Prodi Mikrobiologi Klinik FH Unhas. Selain itu, beliau juga mengapresiasi persiapan dan kesiapan dari Prodi Mikrobiologi Klinik dalam proses akreditasi ini. 
 
“Kesempatan ini kita sama-sama belajar, semoga kehadiran kami bisa membantu Unhas dalam meningkatkan mutu akademik yang berkualitas dan berkesinambungan,” kata Prof Mertaniasih. 
 
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan profil Fakultas Kedokteran secara umum, dan Prodi Mikrobiologi Klinik secara khusus.  Pengenalan ini masing-masing disampaikan oleh Dekan FK Unhas dan Ketua Program Studi Mikrobiologi Klinik. Usai pengenalan, kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama, mendengarkan saran dan masukan dari tim assesor. 
 
Acara pembukaan yang dihadiri oleh unit kerja lingkup FK Unhas berlangsung hingga pukul 12.00 Wita. Para tim assesor selanjutnya akan melakukan peninjauan lapangan ke program studi Mikrobiologi Klinik untuk melakukan wawancara, penilaian dokumen, dan kesiapan sarana dan prasarana.
 
Seluruh rangkaian visitasi direncanakan berlangsung hingga dua hari mendatang.(*)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :