Lam-PTKes Assesmen Lapangan Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas

23 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Kegiatan assesmen lapangan secara daring resmi dibuka oleh Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Senin (23/11).

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan assesmen lapangan secara daring terhadap Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin. Kegiatan berlangsung pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (23/11).
 
Pada kesempatan tersebut hadir mewakili LAM-PTKes sebagai tim assesor yakni Prof. dr. Wiwien Heru Wiyono, Ph.D, Sp.P(K) dan dr. Oea Khairsyaf, Sp.P(K) yang akan melakukan proses assesmen hingga Selasa (24/11).
 
Mengawali kegiatan, Direktur Utama RS Wahidin Sudirohusoda Makassar Dr. dr. Khalid Saleh, Sp.PD-KKV,FINASIM, M.Kes., menyampaikan terima kasih atas kesempatan LAM-PTKes melakukan proses assesmen meskipun berlangsung secara daring. 
 
Sebagai Rumah Sakit tempat pendidikan utama FK Unhas, beliau menuturkan proses assemen ini tentunya tidak hanya memberikan status penilaian saja, tetapi juga berdampak pada peningkatan mutu dan keberlanjutan departemen Pulmonologi dan Respirasi FK Unhas. Olehnya itu, hal ini menjadi salah satu langkah strategis dalam rangka memberikan layanan terbaik melalui lulusan yang berdaya saing.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Kolegium Pulmonologi Respirasi Indonesia Prof. Dr. Faisal Yunus, Ph.D., Sp.P (K)., menambahkan proses assesmen ini pada dasarnya sudah terjadwal pada awal bulan. Namun, tertunda mengingat wabah pandemi Covid-19. Beliau berharap, proses assesmen akan berjalan lancar dan sesuai harapan meskipun berlangsung secara virtual.
 
Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas kesedian LAM-PTKes melakukan proses akreditasi sebagai salah satu aktivitas akademik untuk keberlangsungan Departemen Pulmonologi Respirasi FK Unhas.
 
Proses akreditasi menjadi sangat penting, termasuk bagi program spesialis Unhas yang mengemban tanggung jawab dalam menghasilkan luaran yang kompeten dan tentunya memiliki tanggung jawab besar sebagai garda depan Covid-19.
 
"Unhas memiliki 30 prodi spesialis dan alhamdulillah sudah terakreditasi. Kualitas unggulan prodi menjadi salah satu target capaian Unhas. Saat ini, untuk jenjang sarjana 89% telah terakreditas A. Jika ditotal dengan jenjang magister, doktor, spesialis maupun vokasi 68% telah terakreditasi A," jelas Prof Dwia.
 
Diakhir sambutannya, Prof Dwia berharap proses assesment lapangan daring berlangsung lancar dan memperoleh hasil yang diharapkan bersama.
 
Mewakili LAM-PTKes, Prof. dr. Wiwien Heru Wiyono, Ph.D, Sp.P(K)., menjelaskan proses ini dilakukan untuk memastikan dan melihat bukti dokumen yang dikirimkan oleh FK Unhas sebagai indikator penilaian. Sehingga, assement lapangan daring ini dilakukan. 
 
Usai pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dari Dekan FK Unhas mengenai profil Fakultas Kedokteran secara umum dan Departemen Pulmonologi Respirasi secara umum. Kegiatan pembukaan berlangsung lancar hingga pukul 10.00 Wita dan dilanjutakan kembali untuk agenda lainnya.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :