LAM-PTKes Asesmen Lapangan Secara Daring Prodi Radiologi FK Unhas

19 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Proses assesment Prodi Radiologi FK Unhas berlangsung secara daring, Kamis (19/11).

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan asesmen lapangan secara daring terhadap program studi Radiologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (19/11).

Pada kesempatan tersebut hadir mewakili LAM-PTKes sebagai Tim Asesor yakni Dr. dr. Lina Choridah, Sp.Rad(K) dan Dr. dr. Hermina Sukmaningtyas, M.Kes., Sp.Rad(K) yang akan melakukan proses assesmen hingga Jumat (20/11).

Dekan FK Unhas, Prof. dr. Budu, Ph.D., Sp.M., MMedEd., menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas kesedian Tim Asesor untuk melakukan asesmen lapangan meskipun berlangsung secara daring. Kegiatan ini sudah lama dinantikan oleh FK, khusunya Prodi Radiologi, sebagai bagian dari peningkatan kualitas dan kapabilitas layanan akademik.

"Kami dapat kabar kalau asesmen bulan ini sangat padat. Tapi, kita bersyukur mendapatkan jadwal. Prodi Radiologi ini sudah cukup lama dan alhamdulillah berkat dukungan berbagai pihak termasuk pimpinan Universitas terus mengalami perkembangan signifikan dan menjadi salah satu prodi dengan jumlah peminat yang tinggi saat penerimaan mahasiswa baru," jelas Prof Budu.

Prof Budu menyampaikan dengan adanya asesmen ini diharapkan dapat mendorong dan mengoptimalkan mutu dan layanan akademik guna menghasilkan lulusan unggul berdaya saing.

"Prodi ini sudah banyak berkontribusi dalam mendukung peningkatan layanan kesehatan masyarakat daerah. Akreditasi menjadi penting untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan kerjasama berbagai pihak dalam rangka optimalisasi bidang kesehatan," ungkap Prof Budu.

Diakhir sambutannya, beliau berharap kegiatan yang menjadi bagian dari sebuah proses akademik tersebut dapat mendorong peningkatan kualitas.

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada para asesor yang hadir secara virtual. Menurutnya, proses ini sangat penting sebagai tahapan pengembangan akademik berkualitas dengan mengetahui area tertentu yang perlu mendapatkan perhatian.

Lebih lanjut, Prof Restu juga menyampaikan berbagai upaya yang dilakukan Unhas untuk menghadirkan proses akademik bermutu sesuai kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan pengembangan spesialis menjadi sub-spesialis dalam rangka memberikan kontribusi bidang keilmuan dan pelayanan.

Hal ini sejalan dengan konsep Unhas sebagai humaniversity yang terus berupaya sebagai garda terdepan dalam menjawab setiap permasalahan masyarakat.

"Kita terus mendorong setiap unit kerja untuk lebih aktif dan produktif melakukan berbagai upaya pengembangan akademik, misalnya saja dengan menghadirkan lembaga penjaminan mutu dengan harapan dapat mendorong prodi unggul guna mempersiapkan lulusan berdaya saing dan berkarakter," jelas Prof Restu.

Usai pembukaan secara resmi, kemudian lanjutkan dengan pemaparan rangkaian kegiatan asesmen yang hendak dilakukan. Kegiatan pembukaan berlangsung lancar hingga pukul 10.00 Wita dan dilanjutakan kembali untuk agenda lainnya.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :