Laboratorium FMIPA Unhas Penuhi Kualifikasi untuk Visitasi Akreditasi

25 Feb 2020 , admin-02 Akademik

Dekan FMipa Unhas (Dr. Eng. Amiruddin, M.Si) saat menjelaskan proses untuk memenuhi kualifikasi visitasi akreditasi KAN, Selasa (25/02).

Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Sains Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin akan divisitasi oleh Komite Akreditasi Nasional. Hal ini disampaikan langsung oleh Dekan FMIPA Unhas (Dr. Eng. Amiruddin, M.Si) saat kesempatan wawancara yang berlangsung di Ruang Dekan FMipa Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (25/02).
 
Dr. Amiruddin menuturkan bahwa salah satu laboratorium yang ada di FMIPA Unhas berhasil lolos kualifikasi untuk visitasi akreditasi dari Laboratorium Penguji Komite Akreditasi Nasional (KAN). Sampai pada tahap tersebut, banyak proses yang sudah dilakukan oleh FMIPA Unhas, mulai dari mengupload dokumen yang dibutuhkan sampai berhasil lolos assesment untuk visitasi akreditasi. 
 
"Ini kita persiapan kurang lebih 4 bulan sejak upload dokumen yang diperlukan, kemudian dokumen tersebut dievaluasi. Pada saat itu ada beberapa yang kurang khususnya pada sistem manajemen mutu sampai uji banding. Tapi kemudian kita segera lengkapi sampai akhirnya kita dapat pemberitahuan lolos assesment untuk visitasi akreditasi," jelas Dr. Amiruddin. 
 
Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa persiapan akreditasi laboratorium sampai pada tahapan lolos assesment tersebut tidaklah mudah. FMIPA melibatkan banyak instansi dalam mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Namun, dengan koordinasi yang baik serta melibatkan unsur Badan Standirasi Nasional (BSN) Wilayah Makassar dan dukungan penuh dari pihak universitas, sehingga tantangan yang dihadapi selama proses persiapan berjalan dengan lancar. 
 
"Diantara semua proses akreditasi, baik nasional maupun internasional, ini merupakan persiapan akreditasi yang rumit karena melibatkan banyak instansi serta membutuhkan penyusunan dokumen, pembaharuan kalibrasi yang ada di lab, sampai pada uji banding dimana kita melakukan perbandingan hasil uji lab yang kami lakukan dengan hasil uji lab dari laboratorium yang sudah terakreditasi,” sambung Dr. Amiruddin. 
 
Dr. Eng. Amiruddin, M.Si., berharap diantara semua parameter uji yang diajukan ada yang berhasil lolos. Sehingga, laboratorium FMIPA Unhas bisa berperan dalam melakukan uji sampel yang hasilnya dapat diakui kredibilitasnya. 
 
Saat ini ada tiga laboratorium di Unhas yang mengajukan visitasi akreditasi kepada KAN. Ketiga laboratorium tersebut berasal dari  Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Farmasi, dan Fakultas Peternakan. Dua diantaranya sudah dinyatakan lengkap yakni FKM dan Peternakan, sementara untuk Fakultas Farmasi menunggu beberapa dokumen yang masih perlu untuk ditambahkan. 
 
Rencananya, proses visitasi akreditasi  laboratorium FMIPA Unhas  akan berlangsung dibulan April mendatang.(*)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :